Juni 16, 2017

Misteri Alam Puncak Garuda Gunung Merapi

Misteri alam puncak garuda / tusuk gigi gunung Merapi. Puncak Garuda gunung merapi berada di ketinggian 2980 mdpl , keberadaannya adalah menjadi simbol Merapi. Konon disebut pucak Garuda karena memang bentuk batu tersebut mirip dengan lambang burung garuda , simbol negara Indonesia tercinta.

Dulu keberadaan puncak garuda sangat di hormtai oleh pendaki gunung merepai dan tabu untuk dipanjat, tidak seperti zaman sekarang dimana puncak garuda di panjat hanya untuk berfoto diatasnya.

Banyak yang memprediksi bahwa puncak garuda terbentuk pada letusan gunung Merapi pada tanggal 15-21 April 1872, namun ada juga yang menyebut bahwa puncak garuda justru terbentuk sebelum tahun tersebut .


Namun Wallahu'alam semua masih misteri gunung merapi. Memang ada banyak peristiwa letusan gunung Merapi, diantara yaitu pada

  • November 1930 hingga September 1931 Gunung Merapi meletus 
  • Oktober 1972 sampai Maret 1985 Merapi Erupsi dan meletus
  • Beberapa letusann lain gunung merapi diantaranya terjadi pada Tanggal 19 Juli 1998 letusan cukup besar kembali terjadi.

gambar Misteri Alam Puncak Garuda Gunung Merapi
credit image jogjauncover.blogspot.co.id

Walaupun batu yang disebut puncak garuda batuannya mudah lepas dan kropos yang sangat berbahaya untuk di panjat, namun puncak garuda sangat kokoh dan tegar walau diterpa badai letusan merapi diantaranya pada erupsi dan letusan gunung merapi tahun 2001 dan 2004 yang tak mampu meruntuhkannya. Kemudian pada Erupsi Merapi dan gempa bumi besar Jogja di bulan Mei 2006 juga tak mampu membuat goyah dan runtuh. Batu puncak Garuda tetap bertahan hingga tahun 2007. Pada tahun 2008  terlihat perubahan morfologinya setelah merapi ramai oleh pendakian.

gambar Misteri Alam Puncak Garuda Gunung Merapi
credit image jogjauncover.blogspot.co.id

Di awal tahun 2011 sang legendapun dikabarkan menghilang dimana keberadaan puncak Garuda hilang pasca letusan Merapi tahun 2010. Runtuhnya batu tersebut  menjadi berita sedih di kalangan para pendaki . Mereka banyak yang menyebut Inikah akhir dari sejarah Puncak Garuda gunung merapi. Pada tahun 2011 muncul penampakan baru seperti batu garuda ditempat yang sama hingga kemudian lahirlah puncak tusuk gigi / puncak garuda baru di tahun 2012. Perhatikan foto kepalanya

Walaupun Ada beberapa sebutan untuk keberadaan batu menjulang tersebut seperti puncak tusuk gigi, namun tetap saja yang paling populer adalah Puncak Garuda.

Allahu Akbar, Alam selalu memperlihatkan misterinya dan apakah memang puncak garuda akan selalu terlahir untuk menemani Merapi. Wallahu'alam ini memang misteri alam untuk mengingat kebesaran Sang PenciptaNYA. 

gambar Puncak Garuda Gunung Merapi
berdiri di puncak garuda merapi image edit by photoshop

Lukisan alam dan ikon gunung merapi tersebut sudah selayaknya harus dijaga, jangan di kotori dengan coretan apalagi merusaknya. Dengan kejadian terplesetnya pendaki puncak garuda / puncak tusuk gigi hingga meninggalnya pendaki bernama Erry yang terpeleset dan terjatuh ke kawah gunung merapi mungkin ini tanda bahwa Puncak garuda tidak seharusnya dipanjat, diinjak-injak, diduduki atauyang lainya.

Jadikan batu puncak garuda gunung merapi sebagai kebanggaan yang layak dihormati, bukan sekedar benda mati. Karena puncak garuda hadir untuk menemani sang merapi. #salamlestari #cayoindonesia. source jogjauncover.blogspot.co.id

Terimakasih telah membaca artikel Misteri Alam Puncak Garuda Gunung Merapi. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.