Kampung Berkelir Tangerang Jadi destinasi Wisata baru

Kampung berkelir di Tangerang merupakan usaha dan ide warga dengan mengusung konsep yaitu mengenalkan kearifan budaya lokal tangerang. Tujuannya yakni adalah untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya atau ciri khas Kota Tangerang .

Kampung bekelir bisa membawa nuansa baru dan bisa menjadi destinasi wisata edukasi baru di kota tangerang. Lokasinya berada di lingkungan RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Lokasi persisnya yaitu berada di Jalan Perintis Kemerdekaan sepanjang bantaran Sungai Cisadane. Masyarakat nantinya dapat memanjakan mata dengan menikmati beragam gambar penuh warna juga dapat memahami nilai-nilai budaya yang ada di Kota Tangerang lewat Kampung berkelir.

gambar Kampung Berkelir di Tangerang  Jadi destinasi Wisata baru

gambar Kampung Berkelir di Tangerang  Jadi destinasi Wisata baru
Foto source (Warta Kota/Andika Panduwinata)
Proyek kampung bekelir tersebut menggandeng puluhan seniman lokal dan juga mancanegara diantaranya berasal dari seniman Bandung, Jogja, Cilacap, Semarang bahkan Filiphina. Para seniman tersebut berkolaborasi menggambar pada media tembok dan juga pagar di RW 01 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Mereka umumnya berkreasi dengan menggunakan media cat dengan menggambar tiga dimensi, mural, dan juga grafiti. Ide proyek Kampung berkelir ditangerang juga mendapat dukungan dan apresiasi langsung dari Wali Kota Tangerang H Arief R Wismansyah. 

gambar walikota tangerang h arief di kampung bekelir tangerang

Beberapa nilai seni, budaya, dan ikon Tangerang  tergambar begitu indah di Kampung Bekelir tersebut. Para seniman bukan hanya sekadar melukis gambar biasa saja, namun juga memperkenalkan kearifan lokal yang merupakan bagian dari budaya masyarakat di Kota Tangerang. Para seniman dan warga yang terlibat tersebut menggambar pada 300 rumah warga dan ratusan meter pagar tembok yang ada di Kampung Babakan.

Menurut Lurah Babakan, Abu Sofyan . Seperti yang Saya kutip dari halaman warta kota online menyampaikan bahwa dengan adanya destinasi wisata teranyar di Kota Tangerang tersebut, diharapkan dapat menggaet para wisatawan asli Tangerang maupun dari luar Tangerang.

Sehingga akan tumbuh ekonomi-ekonomi kreatif baru dan berguna untuk kelangsungan pertumbuhan roda perekonomian Masyarakatnya. Lebih lanjut Abu Sofyan menyampaikan, dengan adanya Kampung bekelir dapat menjadikan masyarakat Tangerang memiliki tata tertib berbudaya tinggi. Source wartakota.tribunnews.com