Juli 25, 2017

Koleksi foto-foto sejarah indonesia pada masa lalu masih tersimpan

Koleksi foto-foto sejarah indonesia pada masa lalu masih tersimpan. Tidak banyak yang tau bahwa Belanda ternyata masih menyimpan beragam koleksi foto, video tentang Indonesia pada masa penjajahan yang sekarang di simpan dalam salah satu museum arkeologi terbesar di Amsterdam Belanda, bernama Tropen Museum .

Tentang Tropenmuseum
Tropenmuseum (bahasa Inggris Museum of the Tropics) adalah merupakan sebuah museum antropologis yang berlokasi di Amsterdam, Belanda, didirikan pada tahun 1864. Tropenmuseum merupakan salah satu museum terbesar di Amsterdam, yang menyimpan banyak karya fotografi modern ataupun foto-foto jadul saat penjajahan belanda. Tropenmuseum dimiliki dan dijalankan oleh Royal Tropical Institute, yaitu sebuah yayasan yang mensponsori penelitian tentang budaya tropis di seluruh dunia.

gambar foto-foto sejarah indonesia pada masa lalu masih tersimpan
Koleksi foto-foto sejarah indonesia

Sejarah singkat Tropenmuseum
Frederick van Eeden, sekretaris Maatschappij ter bevordering van Nijverheid  mendirikan Museum Kolonial di Haarlem pada tahun 1864, dan membukanya kepada publik pada tahun 1871. Museum ini didirikan untuk menunjukkan kepemilikan Belanda di luar negeri termasuk saat menjajah bangsa Indonesia.

Pada tahun 1871 lembaga tersebut mulai melakukan penelitian untuk meningkatkan keuntungan yang didapatkanya dari tanah-tanah koloni Mereka. Kegiatan tersebut dilakukan antara lain untuk mengembangkan sarana peningkatan produksi biji kopi, rotan, dan juga parafin.

Museum ini berada di bawah pengaruh para etnolog, yang memfokuskan informasi tentang ekonomi, tata krama, dan juga tentang adat istiadat penduduk. Di tahun 1926, Tropenmuseum pindah ke Amsterdam, dan menempati gedung yang hingga sekarang masih digunakan. Pada saat itu museum memiliki 30.000-an lebih benda dan banyak koleksi foto – foto yang sekarang sudah menjadi foto-foto klasik .

Pada tahun 1960 dan 1970-an Ministerie van Buitenlandse Zaken (Departemen Luar Negeri) mendorong Tropenmuseum untuk memperluas ruang lingkupnya yaitu mengangkat pada isu-isu sosial seperti kemiskinan dan juga kelaparan di banyak wilayah kolonialnya, seperti Amerika Selatan, Afrika, dan juga Asia seperti di Indonesia.

Tak banyak yang tau, kalau ternyata Tropen Museum masih menyimpan Koleksi foto-foto jadul tentang indonesia masa lalu. Dan kabar bagusnya , koleksi foto-foto, video, tentang indonesia pada masa lalu tersebut, disumbangkan di di wikimedia commons, dan bisa di akses oleh siapa saja.

Koleksi foto-foto kemerdekaan, gambar sejarah indonesia pada masa lalu
( COLLECTIE TROPENMUSEUM Wikimedia commons)

gambar foto Sukarno dan Agus Salim  (1948) cayo indonesia
foto Sukarno dan Agus Salim  (1948)

gambar sukarno naik kuda cayo indonesia

gambar foto bung karno 1745
foto bung karno 1745

gambar bung karno 1745 cayo indonesia

gambar soekarno dan sudirman  July 1949
Presiden soekarno bersama Jendral sudirman  July 1949

gambar sukarno 45 cayo indonesia

jendral Sudirman (1946) cayo indonesia
jendral Sudirman (1946)

foto tentara indonesia di Boroboedur 12 March 1947
tentara indonesia di Boroboedur 12 March 1947 

foto tentara indonesia 1949 cayo indonesia

gambar pasukan bamburuncing indonesia 1945 cayo indonesia


Pasukan korps cadangan di Motorai 1949

gambar Penembak jitu di Soerabaja (November 1945)
Penembak jitu di Soerabaja (November 1945) 


foto sejarah indonesia cayo indonesia


foto penjajah belanda

Foto pedagang Tanah abang tempoe dulu

gambar banjir jakarta 1949
jakarta tempo dulu memang sudah banjir

gambar  upacara panen padi di bali 1949
 upacara panen padi di bali 1949

Tropen Museum telah menyumbang gambar, video tentang Indonesia pada masa lalu di wikimedia commons. Wikimedia commons sendiri adalah merupakan situs penyimpanan berkas multimedia berlisensi bebas yang dikelola wikimedia Foundation.

Sebanyak 37.071-an berkas berupa foto, gambar dan juga video tentang indonesia masa lalu milik Tropen Museum yang di unggah ke wikimedia commons terdiri dari beragam foto mulai dari baju daerah, perangkat upacara adat istiadat indonesia dan masih banyak lagi foto -foto , juga video tentang Indonesia tempo dulu. Seluruh foto -foto tentang Indonesia tempo dulu tersebut bebas digunakan di bawah lisensi bebas, namun harus dengan menyebutkan sumbernya.

Penasaran dengan gambar 17 agustus, gambar sejarah indonesia ,foto kemerdekaan, gambar pejuang gambar pahlawan kemerdekaan, gambar kemerdekaan, photo perang kemerdekaan, gambar bersejarah, Anda bisa mengunjungi commons.wikimedia.org. Demikian semoga bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.