Juli 29, 2017

Pemuda Indonesia berhasil mencapai Tanah Suci dengan Berjalan Kaki

Khamim Pemuda Asal Pekalongan Indonesia yang berhasil mencapai Tanah Suci dengan berjalan kaki selama hampir satu tahun. Mimpi naik haji seorang Pemuda Indonesia ahirnya tercapai. Kabar gembira, berita terbaru di internet menyebutkan bahwa Mochammad Khamim Setiawan, Pemuda 28 Tahun, Putra dari Bapak Syaufani Solichin asal dari kota Santri Wonopringgo, Pekalongan, Indonesia, telah berada di Mekkah pada hari rabu tanggal 27 Juli 2017.  Allahu Akbar (الله أكبر).

gambar Khamim Pemuda Asal Pekalongan Indonesia yang berhasil mencapai Tanah Suci dengan Berjalan Kaki bisa menjadi Inspirasi

Dalam foto yang tersebar di internet tersebut, tampak Khamin mengenakan pakaian ihram. Muhammad Khamim (28), pemuda asal Wonopringgo, Kab.Pekalongan yang berjalan kaki dari Pekalongan menuju Mekkah selama berbulan-bulan ini, alhamdulillah dia sudah sampai di Mekkah untuk menjalankan ibadah haji. Alkhamdulilah, Saya (Admin blog Cayo Indonesia) juga Warga Wonopringgo Pekalongan, turut bangga dengan sosok Mochammad Khamim Setiawan yang telah berhasil mewujudkan mimpinya untuk berangkat Haji.

Kisah inspiratif Pemuda Indonesia yang berjalan kaki menuju Tanah Suci ini sebelumnya hanya ada di Film. Masih ingat Kalian dengan Film Haji Backpacker di tahun 2014. Namun sebenarnya berhaji dengan jalan kaki, bukan hal yang cukup aneh, dan Beberapa kali, terjadi hal serupa di dunia. Senad Hadzic (47), juga pernah berjalan kaki dari Bosnia (Eropa) menuju Mekkah pada tahun 2012. Ishaq, berjalan dari Perancis ke Mekkah, bahkan hanya dalam waktu 50 hari. Jika Kita yakin, adakah yang meragukan keajaiban Allah SWT.

Film Haji Backpacker berkisah tentang seorang pemuda bernama Mada (Abimana Aryasatya) yang Berkelana dari negara satu ke negara lain dan mengalami berbagai peristiwa yang membuat dia sedikit demi sedikit sadar akan kekeliruannya. Mada berkelana melewati 9 negara melalui jalan darat untuk menuju Mekah, Arab Saudi untuk memenuhi undangan Tuhan dan bertobat menyesali semua dosa-dosanya.

Data Film Haji Backpacker 
  • Sutradara : Danial Rifki
  • Produser : Frederica
  • Pemain : Abimana Aryasatya, Laudya Cynthia Bella, Ray Sahetapy, Dewi Sandra, Laura Basuki, Dion Wiyoko, Kenes Andari, Pipik Dian Irawati, Dimas Argoebie
  • Genre : Drama
  • Tanggal Rilis Perdana : 02 Oktober 2014
  • Studio : Falcon Pictures
Kisah 'haji backpacker' tersebut sekarang ada di kehidupan nyata. Seorang Pemuda dari Wonopringgo Pekalongan benar-benar berjalan kaki menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Mochammad KhamimSetiawan Pemuda lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang ini pergi meninggalkan kampung halamannya, Wonopringo, Pekalongan, pada tanggal 28 Agustus 2016 lalu. Setelah menempuh perjalanan yang panjang dan melelahkan, ia berhasil mencapai Masjidil Haram yang menjadi puncak impiannya selama ini.

Kisah perjalanan Khamim ini tak luput dari kisah memilukan. Selama perjalananya ia beristirahat di Masjid, di rumah warga hingga bermalam di hutan.

Alkhamdulilah berkat izin Allah SWT, pada hari Kamis 27 Juli 2017. Khamim telah sampai di Mekkah. Sebelumnya, ia telah menargetkan untuk tiba di Mekkah pada 30 Agustus 2017, atau sebelum waktu wukuf. Dan ternyata, ia tiba lebih cepat dari perkiraannya

Kisah Perjalanan Khamim Pemuda Asal Pekalongan Indonesia berhasil mencapai Tanah Suci dengan Berjalan Kaki  

Khamim merupakan seorang kontraktor. Namun usahanya tersebut ditinggalkanya demi impianya menuju tanah suci. Dalam perjalanan menuju impianya, Khamim selalu melaksanakan puasa Daud, oleh sebab itu Ia kerap berjalan di malam hari. Jika kondisi badannya sedang dalam kondisi baik, ia bisa menempuh sekitar 50 kilometer setiap harinya dengan berjalan kaki. Namun jika kondisi badanya merasa lelah, Khamim hanya sanggup menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer.
.


Khamim berjalan kaki menuju Mekkah Awalnya bersama dua Temanya.


Dalam perjalanan menuju ke tanah suci, Khamim hanya membawa perbekalan seadanya.
Barang-barang yang ia bawa diantaranya adalah, kaos,celana, dua pasang sepatu, kaus kaki, pakaian dalam, Sliping bag, tenda, lampu, telepon pintar dan juga GPS. Peralatan tersebut di bawa menggunakan Carrier yang terpasang bendera merah putih di bagian belakangnya.

gambar Pemuda Indonesia berhasil mencapai Tanah Suci dengan Berjalan Kaki

Di awal perjalanan, Khamim sebenarnya bersama dengan dua temanya yang sama-sama berniat jalan kaki menuju mekkah. Namun kedua temanya tersebut menyerah ketika perjalanan baru sampai di Tegal, Jawa Tengah. Akhirnya walaupun sendirian, Namun tekad dan impian Khamim untuk menuju tanah suci tak padam. Ia melanjutkan perjalananya seorang diri. Dalam perjalanya Ia sempat dua kali jatuh sakit, yakni saat berada Malaysia dan India. Selama perjalanan, Khamim mengkonsumsi madu untuk ketahanan tubuhnya.

Kisah Khamim yang berjalan kaki untuk menunaikan ibadah Haji tersebut, menjadi viral dan banyak di beritakan media saat mendapat sorotan dari media Uni Emirat Arab, Khaleej. Khamim juga mengaku kerap bersinggah ke rumah ibadah agama lain. Di tempat-tempat ibadah itu, ia mendapat perlakuan yang baik.

gambar Pemuda Indonesia berhasil mencapai Tanah Suci dengan Berjalan Kaki


Perjalanan Khamim berjalan menuju tanah suci tersebut legal


gambar 'haji backpacker' impian naik haji

Perjalanan Khamim yang ditempuh dengan jalan kaki ini merupakan perjalanan yang legal. Sebelumnya Ia telah mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk perjalanan panjang dan melintasi berbagai negara tersebut.

Menurut Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi. Ia mengatakan jika perizinan Khamim telah dilengkapi dengan baik. Paspor dan visa semua lengkap. Ia juga merasa bangga pada Khamim Warga Pekalongan yang memiliki semangat tinggi untuk menunaikan ibadah Haji ke tanah suci. Dikutip dari halaman Tribun Jateng.

Demikian semoga kisah Khamim Pemuda Asal Pekalongan Indonesia yang berhasil mencapai Tanah Suci dengan Berjalan Kaki bisa menjadi Inspirasi . Bahwasanya dengan tekad yang kuat dan atas izin Allah SWT, apa yang Kita impikan bisa terwujud.