Sejarah Berita Sepak bola di Media Cetak

Sejarah Berita Sepak bola di Media Cetak. Surat kabar harian Kompas pertama kali dalam sejarah mencapai penjualan 500 ribu eksemplar berkat pemberitaan Piala Dunia 1986 yang berlangsung di Meksiko. Surat kabar harian Kedaulatan Rakyat pada edisi 6 Januari 1951 memberitakan tentang proses pembentukan tim nasional Indonesia yang untuk pertama kalinya dipersiapkan untuk ajang pesta olahraga negara Asia pertama yaitu Asian Games di New Delhi India pada Januari 1951.

gambar koran jadul berita timnas indonesia kedaulatan rakyat

Pada saat itu jumlah halaman olahraga di Surat kabar harian porsinya sedikit. Hanya terdapat satu halaman khusus berita tentang sepak bola dan itupun harus berbagi dengan cabang olahraga lain. Berita Sepak bola di surat kabar harian memperoleh porsi pemberitaan besar tatkala ada pertandingan internasional atau perhelatan olahraga internasional. Sepak Bola menjadi headline di berbagai surat kabar harian Indonesia, apalagi saat ketika Timnas Indonesia mampu menahan imbang kesebelasan Uni Soviet tanpa gol di Olimpiade Melbourne tahun 1956.

gambar koran jadul berita timnas kedaulatan rakyat 1956

Berangkat dari keterbatasan halaman olahraga di Surat kabar harian serta semakin banyaknya informasi seputar olahraga khususnya sepak bola yang layak untuk diinformasikan kepada publik, maka muncul media cetak yang fokus mengupas seputar olahraga. Kedaulatan Rakyat pada tahun 1962 menerbitkan “Madjalah Sport” yang memiliki tagline “Madjalah Lembaran Berisikan Chusus Olah Raga”. Majalah ini menjadi majalah mingguan yang terbit setiap minggunya yaitu di hari Selasa.

Beberapa tahun kemudian, semakin banyak bermunculan media cetak baru yang fokus pada olahraga yang menghadirkan seputar berita sepak bola sebagai sajian utamanya. Banyak pula media cetak yang kemudian seluruh isinya hanya informasi seputar sepak bola, baik cerita di dalam lapangan maupun berita pemain sepak bola diluar lapangan. Di antara sederet nama, yang paling fenomenal saat itu, tentu adalah Tabloid BOLA yang terbit pertama tahun 1984. Beberapa tahun kemudian muncul TopSkor sebagai koran olahraga harian pertama di Indonesia hingga banyak menjamur media cetak versi berita sepak bola.

gambar koran jadul berita timnas indonesia tabloid bola 1986

Berita Sepak bola memang selalu diminati sepanjang zaman, namun cara orang untuk menikmatinya tersebut yang senantiasa dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. 

Hadirnya internet menjadi satu-satunya alasan media cetak khusus berita Bola mengalami kemunduran signifikan. Kamis pagi, 9 Oktober 2014, melalui (tagar) #SoccerPamit menjadi salah satu trending topik pembicaraan terhangat di Twitter.

Artikel terkait :
Tagar tersebut merujuk pada keputusan Tabloid Soccer untuk berhenti terbit pada 11 Oktober 2014. Our Final Match, begitu yang tertulis di sampul tabloid yang pertama kali terbit pada Juni 2000 dengan nama Hai Soccer. Demikian semoga menambah wawasan . Source pindai.org