Sejarah Orang Indonesia Pertama yang punya Mobil

Mobil pertama didunia didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Mobil pertama adalah berupa desain mainan kendaraaan yang berukuran 65 cm untuk kerajaan cina. Mobil ini tidak bisa membawa penumpang. 

Tahun 1752,seorang berkebangsaan Rusia bernama Leonty Shamshurenkov membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia ( mirip dengan kereta salju). 

Kendaraan tenaga uap pertama didunia dibuat pada akhir abad 18 oleh seorang bernama Nicolas-Joseph Cugnot . Ia sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga pada tahun 1769.
peningkatan kendaran dengan mesin uap yang paling dikenal adalah dikembangkan di kota Birmingham, Inggris oleh seorang bernama Lunar Society. 

Di Birmingham ingris ini juga mobil tenaga bensin pertama kali dibuat pada tahun 1896 oleh seorang bernama Frederick William Lanchester yang jugasebagai pemegang hak paten dari rem cakram. 

Sejarah Orang Indonesia Pertama yang punya Mobil

Sejarah orang indonesia pertama yang punya mobil. Orang Indonesia pertama yang tercatat sebagai pemilik mobil pertama didaerahnya adalah diantaranya sebagai berikut.

1. Raden Mas Ario Tjondro Pekalongan

Di daerah Pekalongan ada terdapat orang Indonesia pertama sebagai pemilik mobil pertama didaerahnya. Namanya adalah Raden Mas Ario Tjondro yang merupakan Bupati Berebes di tahun 1904 .

Raden Mas Ario Tjondro memiliki mobil bermerk Orient Backboard, mobil tersebut dilengkapi dengan persneling yang bisa maju dan mundur. Namun tetapi mobil tersebut hanya memiliki satu silinder dengan kekuatan delapan PK, serta menggunakan tenaga rantai untuk menggerakan roda-rodanya.

2. Sunan Solo
gambar Mobil bermerk Benz, tipe Carl Benz
Mobil bermerk Benz, tipe Carl Benz 1894
Pada tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz, beroda empat. Diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya, karena tipe ini memiliki banyak variasi sesuai dengan pesanan Sunan. John.C.Potter seorang penjual mobil mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya dari Eropa.

3. Salah seorang keluarga Raja di Solo
gambar mobil Daimler
Mobil Daimler 1907
Kanjeng Raden Sosrodiningrat di Tahun 1907 membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil ini memang tergolong dikelas mobil mahal dan hanya sanggup dimiliki oleh orang-orang berkedudukan tinggi. Mobil merk Daimler ini bekerja dengan empat silinder .

Mobil ini sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal di Batavia saat itu. Ada kabar burung menyebutkan, bahwa Raden Sosrodiningrat membeli mobil Daimler tersebut, disebabkan karena tidak mau kalah gengsi dengan Gubernur Jenderal batavia.

Sebelumnya, ketika Gubernur masih menggunakan mobil merk Fiat atau sebuah kereta yang ditarik dengan 40 ekor kuda, tidak seorang pun berani menyainginya. Tetapi tiba-tiba saja Sunan Solo memesan mobil dari pabrik dengan merk yang sama, Kanjeng Raden memesan mobil Daimlernya lewat Prottel & Co.

4. Sultan Ternate
Mobilnya merk Orient Backboard
Mobilnya merk Orient Backboard 1913

Kemudian ada Orang Indonesia lainnya yang juga berasal dari keluarga kesultanan yang juga memiliki mobil pribadi adalah Sultan Ternate pada tahun 1913.

Keinginan Sultan Ternate untuk memiliki dan mengendarai sendiri mobil, setelah merasakan nikmatnya duduk di kendaraan merk King Dick yang dibawa oleh seorang Belanda dalam perjalananya keliling Maluku.

Sultan begitu terkesan dan langsung saja memesan sebuah mobil yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya, tidak seperti King Dick yang beroda tiga, namun Sultan Ternate memesan kendaraan roda empat yang bisa dibawa kemana saja bila ia inginkan. Demikian tentang sejarah orang Indonesia pertama yang punya mobil, semoga menambah wawasan.