Sejarah Pekalongan Jaman Dulu Lewat Foto

Berikut adalah sejarah foto - foto pekalongan jadul alias jaman dulu, admin berharap agar generasi muda jaman now dapat mengetahui seperti apa sie....suasana pekalongan jaman dulu.

Memang gak ada bosennya kalo membahas seputar pekalongan juga sejarahnya yang tersimpan di pekalongan. Admin harap sebagai generasi penerus pekalongan, Kita harus dapat menjaga bangunan tua dengan cara melindungi dan jangan merusaknya dengan tindakan yang tidak berbobot seperti tangan jahil yang suka corat - coret tempat bersejarah di pekalongan.

Pesan admin, mudah - mudahan setelah melihat dan membaca artikel Sejarah Pekalongan jaman dulu lewat foto di blog ini, Kalian lebih mencintai Pekalongan dengan terus menjaga dan tidak merusak benda - benda bersejarah yang ada di Pekalongan.

Ilustrasi Sejarah Pekalongan Jaman Dulu Lewat Foto
Foto - foto jadul Sejarah Pekalongan 

1. Foto jadul Balai kota madya Pekalongan

Foto jadul Balai kota madya Pekalongan
museum batik pekalongan
Balai kota madya pekalongan sekarang ini digunakan sebagai museum batik pekalongan, di museum batik ini terdapat ratusan koleksi batik dari berbagai daerah di indonesia, bahkan terdapat juga batik tertua yang tersimpan di museum batik pekalongan ini.

2. Lapangan alun alun Kota Pekalongan

Foto Lapangan alun alun Kota Pekalongan Jaman Dulu
suasana alun alun kota pekalongan jaman dulu
Taukah kalian bahwa Presiden pertama republik indonesia Soekarno pernah berpidato di lapangan alun alun pekalongan. Saat itu tercatat ribuan warga pekalongan antusias menghadiri acara Presiden yang berlangsung di alun alun Kota Pekalongan tersebut.

3. Gedung - gedung bioskop Pekalongan

Foto Gedung - gedung bioskop Pekalongan Jaman Dulu
gedung bioskop rex pekalongan
Pekalongan jaman dahulu ternyata mempunyai beberapa gedung bioskop lho Gays. Salah satunya adalah gedung bioskop rex  yang konon menjadi primadona sebagai alternatif hiburan tontonan di pekalongan jaman dulu. Selain bioskop rex juga ada bioskop capitol. Dan pada era berikutnya di kota pekalongan juga dibangun gedung bioskop seperti rahayu, gajahmada, remaja dan juga ramayana.

Bioskop rahayu pekalongan
Gedung Bioskop rahayu pekalongan 
Sekitar tahun 1970an bioskop rahayu sebagai tempat tontonan muda mudi pekalongan, bioskop ini sampai sekarang masih berdiri tampak seperti gambar (foto tahun 2014) Bioskop rahayu terletak di depan matahari (hypermart).

4. Pasar tradisional Pekalongan Sentiling

Foto Pasar tradisional Pekalongan Sentiling
jembatan loji pekalongan
Pada foto diatas tampak terlihat suasana warga pekalongan yang lalu lalang pergi dan pulang ke pasar sentiling (sekarang bernama pasar banjarsari ) untuk transaksi jual beli hasil pertanian.

Tampak pada foto dengan bergotong - royong mereka nampak semangat mendorong gerobak daganganya. Pada jaman dulu memang kaum laki - laki di indonesia masih jarang yang mengenakan baju.

5. Bangunan bersejarah di JL. Diponegoro nomor 1 Pekalongan


Foto Bangunan bersejarah di JL. Diponegoro nomor 1 Pekalongan
Bangunan bersejarah di JL. Diponegoro nomor 1 Pekalongan
Bangunan tua bersejarah yang terletak di JL. Diponegoro nomor 1 Pekalongan ini, sampai sekarang masih tetap berdiri kokoh. Bangunan ini sekarang kerap kali dipakai sebagai tempat pameran buku, pameran inovaasi dan juga even-event kreativitas di pekalongan.

Bangunan bersejarah di JL. Diponegoro nomor 1 Pekalongan ini juga bisa di sewa sebagai tempat resepsi pernikahan. Wow keren bukan di acara spesial Kalian menggunakan gedung yang bersejarah di Pekalongan.

Pada tahun 2014 gedung ini pernah digunakan sebagai tempat Tes CPNS dari kota tegal dan kabupaten pekalongan.

6. Jalan jembatan loji Pekalongan

Jalan jembatan loji Pekalongan jaman dulu
suasana jalan dijembatan loji pekalongan 
Pada foto diatas terlihat suasana lalulintas di jalan jembatan loji pekalongan. Nampak pada foto ada orang berjalan dan ada juga transportasi umum becak yang sekarang jarang ditemukan di pekalongan.

Jembatan loji dibangun sebagai penghubung perekonomian dipekalongan terutama untuk warga pesisir pekalongan yang akan pergi ke sentiling (sekarang bernama pasar banjarsari ).

7. JL. Sultan Agung dan JL. Hasanudin Pekalongan

Foto JL. Sultan Agung dan JL. Hasanudin Pekalongan  Jaman Dulu
JL. Sultan Agung / JL. Hasanudin Pekalongan
JL. Sultan Agung dan JL. Hasanudin Pekalongan adalah merupakan kawasan utama menuju ke pasar sentiling/banjarsari, dan sebagai pusat perekonomian dipekalongan kala itu. Pada foto diatas terlihat bagaiaman ramainya suasana jalan tersebut yang merupakan pusat perekonomian saat itu, nampak bendera dan umbul - umbul seperti pada jalan - jalan perekonomian pekalongan sekarang.

5. Bangunan bersejarah Lapas Pekalongan di JL. Wr Supratman

Foto Lapas Pekalongan di JL. Wr Supratman Jaman Dulu
Lapas Pekalongan di JL. Wr Supratman

Lapas Pekalongan di JL. Wr Supratman dibangun dekat dengan pelabuhan pekalongan. Di lapas pekalongan tersebut tercatat Pahlawan Nasional semacam Ki Hajar Dewantara pernah menempati salah satu sel di tempat ini. Beliau dihukum karena selalu menentang peraturan belanda yang menyengsarakan rakyat.

6. Jalur Kereta api pekalongan jaman dulu sampai ke daerah Wonopringgo

Jalur Kereta api pekalongan jaman dulu sampai ke daerah Wonopringgo
Jalur Kereta api pekalongan jaman dulu sampai ke daerah Wonopringgo
Ternyata jalur kereta api pekalongan pada jaman dulu sampai hingga ke daerah wonopringgo kabupaten Pekalongan. Transportasi kereta api jaman dulu digunakan sebagai alat untuk mendistribusikan hasil pertanian dan industri seperti padi, tebu , gula juga pupuk dan yang lainya.

Transportasi kereta api di pekalongan jaman dulu juga sering digunakan warga sekitar untuk ke kota pekalongan sekedar untuk berbelanja ke kota ataupun mengunjungi kerabat di kota. Sampai sekarang rel yang tidak difungsikan juga masih terlihat seperti di jl cendrawasih, juga jl veteran, depan pasar kraton juga sekitaran Wonopringgo.

Dahulu kala di Wonopringgo memang ada Pabrik Gula yang lokasinya berada di area lapangan Asrama 407 Wonopringgo. Jadi pantas jika Jalur Kereta api pekalongan jaman dulu sampai ke daerah Wonopringgo. Admin tahu sendiri ceritanya karena memang admin ini orang Wonopringgo yang paling ganteng, he he .... ( just kidding )

Sekitar tahun 90-an banyak orang yang menggali lapangan 407 untuk mencari besi tua, sehingga menjadikan lapangan 407 tidak rata untuk bermain bola. Bahkan wajan yang untuk produksi gula juga ada ditangan warga wonopringgo yang digunakan untuk usaha penggorengan krupuk.

Dulu krupuknya sangat terkenal di wonopringgo dan sekitarnya, namanya krupuk Kaji Sehu karena pemiliknya bernama Haji Sehu ( alm ) Warga kwagean Wonopringgo. Sekarang entah apakah wajan kuno peninggalan belandanya masih ada atau tidak Saya juga tidak tahu, sebab usaha kerupuknya sekarang tidak diteruskan oleh generasinya.

7. Tradisi Sawalan Pekalongan Menerbangkan balon udara

Tradisi Sawalan Pekalongan Menerbangkan balon udara jaman dulu
Tradisi Sawalan jadul Pekalongan Menerbangkan balon udara
Ternyata tradisi balon udara swawalan di pekalongan sudah dilakukan warga pekalongan sejak lama. Acara Sawalan pekalongan yaitu tuhu hari setelah lebaran idul fitri. Syawalan ini berlangsung di pesisir pantai yaitu daerah krapyak pekalongan. Pada acara tradisi Sawalan pekalongan biasanya ada acara pemotongan lopis raksasa dan tradisi menerbangkan balon udara.


Masjid agung jami Pekalongan

Foto Masjid agung jami Pekalongan Jaman Dulu
masjid agung jami' pekalongan
Masjid jami dikenal juga sebagai masjid kauman karena masjid ini terletak di kelurahan kauman, merupakan masjid tertua kedua setelah masjid Aulia di sapuro

Foto halte atau tempat pemberhentian bis di alun alun pekalongan Jaman Dulu Lengkap
halte atau tempat pemberhentian bis di alun alun pekalongan
Alun-alun pekalongan di era setelah kemerdekaaan digunakan sebagai tempat pemberhentian bis, orang yang ingin bepergian banyak berkumpul disini.

Foto Foto sungai loji pekalongan Jaman Dulu Lengkap
sungai loji pekalongan
Lomba dayung dlm rangka HUT RI ke 5 thn 1950 berlangsung dari kali banger tembus ke kali loji setelah itu menuju ke pantai. bagai mana dengan kali loji yang sekarang?

Foto rumah makan lok wam pekalongan Jaman Dulu
rumah makan lok wam pekalongan

Rumah makan lok wam ini lokasinya terletak di depan bioskop rahayu,  yang sekarang digunakan sebagai gedung matahari hypermart Pekalongan.

Foto proses pembuatan batik jaman dulu Pekalongan
proses pembuatan batik pekalongan jaman dulu
Foto peresmian monumen juang pekalongan 3 oktober 1945
peresmian monumen juang pekalongan 3 oktober 1945
Foto Lenkap Pekalongan Jaman Dulu Lengkap
jembatan loji pekalongan
Foto smp 2 kota pekalongan jaman dulu
smp 2 kota pekalongan jaman dulu
Foto gang dukuh pekalongan, terletak di sebelah utara sd pius Jaman Dulu
gang dukuh pekalongan, terletak di sebelah utara sd pius
Foto Lenkap Pekalongan Jaman Dulu Lengkap
perayaan pek chun pekalongan jaman dulu, start dari kurpan tembus ke kali loji terus menuju ke laut
Foto Lenkap Pekalongan Jaman Dulu Lengkap
peternakan sapi pekalongan jaman dulu terletak di kampung arab tepatnya sebelah utara rumah makan puas
Foto Lenkap Pekalongan Jaman Dulu Lengkap
pertigaan jalan di pekalongan pada tahun 1919
Foto sungai di pekalongan pada jaman dulu
sungai di pekalongan pada jaman dulu
Foto jalan hayam wuruk pekalongan Jaman Dulu
jalan hayam wuruk pekalongan
Foto Lenkap Pekalongan Jaman Dulu Lengkap
peringatan taksis mahad pekalongan jaman dulu
Foto perayaan cap go meh di pekalongan jaman dulu tahun 1930
perayaan cap go meh di pekalongan jaman dulu tahun 1930
Foto peta pekalongan kuno tahun 1920
peta pekalongan kuno tahun 1920

Demikian semoga dengan artikel Sejarah Pekalongan Jaman Dulu Lewat Foto ini bisa menambah rasa cinta dan bangga menjadi warga pekalongan. #cayoindonesia . Diambil dari berbagai sumber. Silahkan boleh di share dan sebarkan.

Terimakasih telah membaca artikel Sejarah Pekalongan Jaman Dulu Lewat Foto. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.