November 28, 2017

Boomingnya Mangga Alpukat adalah berkah Petani Lokal

Indonesia adalah negeri kaya dengan Kondisi tanah yang sangat subur, sehingga bisa ditanami berbagai macam jenis tumbuh-tumbuhan apa saja. Baru - baru ini Masyarakat indonesia sedang di hebohkan dengan buah-buahan yang bernama mangga alpukat.

Sekilas memang tak ada yang aneh dengan jenis mangga ini, tampilan luar mangga alpukat bentuknya sama saja dengan jenis mangga-mangga lainya. Perbedaan mangga alpukat dengan mangga pada umumnya terletak pada cara mengupas kulit luarnya.

Jika untuk menikmati mangga pada umumnya maka harus terlebih dahulu mengupas kulitnya, namun pada mangga alpukat ini yaitu dengan cara membelahnya dari tengah, seperti ketika akan menikmati buah alpukat. Tampilan dalam mangga alpukat memang mirip dengan alpukat, dengan kondisi biji yang tidak menempel pada daging buahnya.

gambar mangga alpukat

Fenomena Mangga Alpukat adalah berkah Petani Lokal

Awal mula boomingnya mangga alpukat berawal dari sebuah pameran di Mangga Dua Square, Jakarta, Kamis (23/11). Awalnya Masyrakat banyak yang mengira kalau mangga alpukat ini adalah buah impor. Namun yang sebenarnya mangga alpukat ini adalah hasil produksi dari petani lokal di daerah Pasuruan. Mangga Alpukat ini merupakan hasil perkawinan silang antara mangga gadung dan mangga madu yang ditanam oleh para petani Pasuruan.

Dipasuruan dan daerah jawa timur sendiri manngga alpukat sudah lama dikenal. Dari sejak tahun 1995 para petani sudah mulai menanam mangga alpukat. Di pameran yang diselenggarakan di mangga dua square beberapa hari lalu, mangga alpukat dijual dengan harga kisaran dari Rp 20.000 -Rp 35.000 per kg. Mangga alpukat mendapat antusias yang baik dari masyarakat hingga menjadikan mangga alpukat booming di tahun 2017 ini.

Simak Video cara mengupas dan makan mangga alpukat



Viralnya mangga alpukat tak lepas dari beberapa artis seperti Shezy Idris yang ikut mencoba buah mangga alpukat dan mempostingnya di media sosial. Postingan mangga alpukat tersebut di posting di facebook Mangga Dua Square yang telah mendapatkan 16.000 lebih likes.( dikutip dari kumparan.com)

Boomingnya mangga alpukat lewat pameran di mangga dua square ini sangat membantu kesejahteraan petani lokal. Petani Bisa langsung menikmati hasil dari panennya, tidak harus lewat tengkulak yang selalu mengambil keuntungan sendiri. Semoga pameran - pameran produk lokal sejenis makin bergairah agar petani ataupun pengusaha kecil indonesia bisa makin sejahtera. #cayoindonesia


Terimakasih telah membaca artikel Boomingnya Mangga Alpukat adalah berkah Petani Lokal. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.