November 24, 2017

Makna Lirik dan Lagu dari Sabang sampai Merauke

Makna Lagu dari Sabang sampai Merauke adalah bercerita tentang luas wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke. Lagu dari sabang sampai merauke adalah ciptaan R Soerarjo. Tahukah kalian bahwa pada awalnya lagu dari sabang sampai merauke ini judul dan liriknya adalah "dari barat sampai ke timur". 

Lalu bedasarkan masukan dari Presiden pertama Republik Indonesia Bapak Ir. Soekarno lagu karangan R Soerarjo tersebut ahirnya lirik dan judulnya diganti menjadi "dari
Sabang sampai merauke" .

Pemakaian kata Sabang sampai merauke oleh Presiden Soekarno terinspirasi dari kata - kata seorang Perwira Belanda yang bernama Jendral JB. Vanheutsz. Ketika itu Jendral JB. Vanheutsz mendapat kemenangan di perang Aceh pada tahun 1904 . Pada kemenangan tersebut  Sang Jenderal  berucap  dan ber sloganya dalam bahasa  belanda “ Vom Sabang tot Merauke “  yang berarti “dari sabang sampai merauke” .

gambar Makna Lirik dan Lagu dari Sabang sampai Merauke


Berikut  Lirik dan Lagu dari Sabang sampai Merauke 
Pengarang: R. Suharjo


Dari sabang sampai merauke
Berjajar  pulau-pulau

Sambung memnyambung menjadi satu
Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu

Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Cayo Indonesia. Demikian semoga Makna Lirik dan Lagu dari Sabang sampai Merauke ini bisa menambah kecintaan kalian terhadap negeri kita Indonesia.


Terimakasih telah membaca artikel Makna Lirik dan Lagu dari Sabang sampai Merauke. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.