Daftar deretan nama pegunungan di Jawa

Pegunungan atau disebut juga Barisan dan Banjaran merupakan suatu area geografis dengan gunung-gunung yang terkait secara geologis. Dalam pengertian yang lain, pegunungan adalah perbukitan yang tingginya sekitar  500 - 600 mdpl. Pegunungan umumnya mempunyai lereng yang terjal, curam dan kawasan puncaknya relatif lebar.

Pegunungan ini panjangnya dapat mencapai ribuan kilometer. Terbentuknya pegunungan berlangsung dalam waktu jutaan tahun melewati beberapa tahap. Tahap pertama adalah disebut sedimentasi, yaitu endapan yang terbawa dari daratan atau terlempar keluar karena aktifitas gunung berapi. Lalu endapan tersebut mengendap hingga menjadi lapisan tebal, kemudian menjadi batuan endapan. Kedua, pergerakan lapisan kerak akan mendesak batu-batuan hingga mendorongnya dan melipat. Tekanan yang sangat besar menyebabkan lapisan batuan terangkat hingga membentuk pegunungan. Prosesnya berlangsung dalam waktu berjuta - juta tahun.

Pegunungan juga ditemukan di Planet lain selain Bumi . Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman bentuk muka bumi, baik di daratan maupun di dasar laut. Di indonesia terdapat banyak pegunungan . Berikut adalah daftar pegunungan yang ada di tanah jawa.

Daftar deretan nama pegunungan di Jawa 

Daftar deretan nama pegunungan di Jawa

1. Pegunungan Sewu
Pegunungan Sewu adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di sepanjang pantai selatan Kabupaten Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogyakarta), Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), hingga Kabupaten Tulungagung (Jawa Timur) di Pulau Jawa. Deretan pegunungan Sewu terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Batuan kapur menjadi ciri khas pegunungan ini.

2. Pegunungan Kendeng
Pegunungan Kendeng adalah pegunungan kapur yang membentang di bagian utara Pulau Jawa. Pegunungan Kendeng mencakup dua provinsi yakni Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Tengah mencangkup Kabupaten Semarang Timur, Kota Salatiga, Kabupaten Sragen Utara, Kabupaten Grobogan Selatan dan Kabupaten Blora Selatan. Sedangkan di Jawa Timur meliputi wilayah Kabupaten Ngawi Utara, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Madiun Utara, Kabupaten Nganjuk Utara, Kabupaten Jombang Utara, Kabupaten Lamongan Selatan, dan Kabupaten Mojokerto.

Titik tertinggi di rangkaian Pegunungan Kendeng berada di Gunung Pandan (897 Mdpl) di perbatasan di Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pegunungan Kendeng menjadi hulu dari anak-anak sungai Bengawan Solo, Sungai Lusi dan Sungai Brantas. Sungai-sungai tersebut diantaranya Sungai Precet Kabupaten Sragen, Sungai Papungan Kabupaten Ngawi, Sungai Wulung Kabupaten Blora, Sungai Semarmendem Kabupaten Bojonegoro, Sungai Pacal Kabupaten Bojonegoro, Sungai Gondang Kabupaten Bojonegoro, Sungai Tinggang Kabupaten Bojonegoro, Sungai Bedah Kabupaten Bojonegoro, Sungai Wulung Kabupaten Blora, Sungai Gobang Kabupaten Grobogan dan lainnya.

3. Pegunungan Kapur Utara
Pegunungan Kapur Utara merupakan pegunungan kapur yang membentang dipesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah hingga Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Oleh sebagian orang disebut juga sebagai Pegunungan Kendeng Utara, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendeng yang membujur di sebelah selatannya. Di kawasan ini terdapat kawasan wisata alam Sumber Semen di kecamatan Sale, Rembang.

4. Pegunungan Serayu Utara
Pegunungan Rogojembangan adalah salah satu puncak dari pegunungan Serayu utara. Pegunungan Serayu Utara merupakan rangkaian pegunungan utama di Jawa Tengah. Pegunungan Serayu Utara mencakup wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas Utara, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banjarnegara Utara, Kabupaten Wonosobo Utara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang.

Pegunungan Serayu Utara yang berbatasan dengan jalur Pegunungan Bogor di sebelah barat (Bemmelen,1943 vide Bemmelen, 1970) memiliki luas 30-50 km berarah barat-timur dengan geometri melengkung membuka kearah selatan dan kedua ujungnya ditempati oleh gunung api kuarter. Pada bagian barat dibatasi oleh Gunung Slamet dan di bagian timur ditutupi oleh endapan gunung api muda dari Gunung Rogojembangan, Gunung Prahu dan Gunung Ungaran.

Pegunungan Serayu Utara dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian barat (Bumiayu), bagian tengah (Karangkobar) dan bagian timur (Ungaran)[1]. Titik tertinggi Pegunungan Serayu Utara berada di Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Sejumlah sungai besar yang berhulu di Pegunungan Serayu Utara adalah Kali Serayu, Sungai Comal, Kali Klawing, Sungai Pemali, Kali Logawa, Sungai Merawu, Kali Bodri, Sungai Sambong, Sungai Cacaban, Sungai Ketiwon, Kali

Pekalongan, Kali Sengkarang, Kali Sragi, Sungai Waluh, Sungai Rambut, Sungai Kemiri, Sungai Gangsa, Sungai Pening, Sungai Kuto, Sungai Blukar, Sungai Urang, Sungai Kedungsegok, dan Sungai Blorong.

5. Pegunungan Serayu Selatan
Keindahan Karanggayam. Karanggayam merupakan salah satu kecamatan terluas di kabupatem Kebumen dan merupakan bagian  dari pegunungan Serayu Selatan. Wilayahnya berupa pegunungan, lembah dan perbukitan yang indah.

Pegunungan Serayu Selatan merupakan rangkaian pegunungan yang termasuk bagian dari Cekungan Jawa Tengah Selatan yang terletak di bagian selatan provinsi Jawa Tengah. Pegunungan ini yang membentang dari barat ke timur sepanjang 100 kilometer dan terbagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh Lembah Jatilawang yaitu bagian barat dan timur.  Pegunungan ini mencangkup Kabupaten Cilacap Utara, Kabupaten Banyumas Selatan, Kabupaten Banjarnegara Selatan, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo Selatan, dan Kabupaten Purworejo.

Pada bagian paling ujung timur Pegunungan Serayu Selatan dibentuk oleh kubah Pegunungan Kulonprogo (1022 m), yang terletak di antara Purworejo dan Sungai Progo. (Van Bemmelen,

1949). Titik tertinggi di Pegunungan Serayu Selatan berada di Gunung Lanang (1.102 m/dpl) di Kabupaten Wonosobo. Gunung lainnya adalah Gunung Midangan (1.043 Mdpl), Gunung Pupur (1.102 Mdpl), Gunung Tanggullangsi (1.068 Mdpl), Gunung Mentosari (1.059 Mdpl), Gunung Mergolangu (1.060 Mdpl), Gunung Brukutan (1.031 Mdpl), Gunung Memean (1.019 Mdpl), Gunung Mantri (1.027 Mdpl), Gunung Gambarjaran (970 Mdpl), Gunung Rawacacing (1.035 Mdpl) dan Gunung Giyombong (1.035 Mdpl)

Sejumlah sungai besar yang berhulu di Pegunungan Serayu Selatan adalah Sungai Luk Ulo, Kali Medono, Sungai Ijo, Sungai Kemit, Sungai Jatinegara, Sungai Tambak dan Sungai Sapi serta anak sungai Sungai Serayu dan Sungai Bogowonto. Dua waduk berada di Pegunungan Serayu Selatan yakni Waduk Sempor di Kabupaten Kebumen dan Waduk Wadaslintang di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen.

Pegunungan Serayu Selatan yang membentang di sisi utara Kabupaten Kebumen, yang melingkupi wilayah kecamatan Karanggayam, Karangsambung, dan Sadang serta sebagian Kecamatan Pejagoan dan Alian, tersingkap bebatuan yang demikian penting artinya dalam ilmu kebumian. Berbagai batuan sedimen (endapan) dengan lapisan-lapisan yang kadang nyaris vertikal berjejeran dengan batuan malihan (metamorf) dan bongkahan-bongkahan batuan beku yang terlampar dalam wilayah tak terlalu luas.

Baca Juga👉 154 Nama Gunung di Pulau Jawa

6. Pegunungan Menoreh
Pegunungan Menoreh Jika dilihat dari Candi Borobudur, bentuk pegunungan Menoreh diyakini membentuk sosok yang sedang tidur di atas pegunungan, yang diyakini sebagai Gunadharma, yang dianggap sebagai arsitek Candi Borobudur.

Pegunungan Menoreh adalah kawasan pegunungan/ perbukitan yang membentang di wilayah barat Kabupaten Kulon Progo, sebelah timur Kabupaten Purworejo, dan sebagian Kabupaten Magelang; sekaligus menjadi batas alamiah bagi ketiga kabupaten tersebut.

Daerah Pegunungan Menoreh secara geomorfologis mempunyai bentuk lahan yang kompleks. Kompleksnya kondisi fisik daerah Pegunungan Menoreh adalah adanya proses endogenik dan eksogenik yang bekerja pada berbagai batuan hingga membentuk bentanglahan yang ada saat ini. Beberapa batuan ditemukan antara lain: batu pasir, napal pasiran, batu lempung, dan batu gamping pada Eosen Tengah; batuan andesit, breksi andesit dan tuff yang merupakan hasil aktivitas Gunung api Menoreh pada Oligosen; batu gamping dan koral yang erendapkan pada Miosen Bawah; dan material koluvium yang terendapkan pada Zaman Quarter.

Perbukitan Menoreh dikenal dalam sejarah sebagai basis pertahanan Pangeran Diponegoro bersama para pengikutnya dalam Perang Jawa (1825–1830) melawan Hindia Belanda. Salah satu puteranya yang bernama Bagus Singlon atau Raden Mas Sodewo (putera Pangeran Diponegoro dengan R.Ay. Mangkorowati) memimpin perlawanan di wilayah ini. Raden Mas Sodewo atau Ki Sodewo bertempur di wilayah Kulonprogo mulai dari pesisir selatan sampai ke Bagelen dan Samigaluh. Pegunungan Menoreh juga sebagai sumber inspirasi dari nama kereta api Menoreh, KA ekonomi AC yang melayani Pasar Senen-Semarang Tawang.

7. Pegunungan Kawasan Karst Gombong Selatan
Pegunungan Kawasan Karst Gombong Selatan sempat terancam oleh keberadaan pabrik semen Kawasan Karst Gombong Selatan merupakan sebuah rangkaian pegunungan atau perbukitan karst yang berada di barat daya Kebumen, Jawa Tengah,Indonesia. Kawasan ini menyangkup tiga kecamatan yaitu Kecamatan Ayah, Kecamatan Buayan dan Kecamatan Rowokele. Panjang perbukitan kapur ini mencapai 8 Km dan lebar 3 Km dengan luas lebih dari 40 Km2

8. Pegunungan Iyang
Puncak tertinggi dari pegunungan Iyang adalah Gunung Argopuro 3088 Mdpl. Pegunungan Iyang adalah sebuah pegunungan yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pegunungan ini mencakup lima kabupaten yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo serta sebagian kecil Kabupaten Lumajang.

Sejumlah puncak gunung di rangkaian pegunungan ini diantaranya adalah Gunung Argopuro, Gunung Iyang, Gunung Krincing, Gunung Cemarapanjang, Gunung Panggung, Gunung Sahing, Gunung Siluman, Gunung Malang dan lainnya. Serta Gunung Gambir dan Gunung Lemongan yang terpaut jarak cukup jaug dengan gunung-gunung lainnya di sebelah barat Pegunungan Iyang.

10. Pegunungan Tengger
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional di JawaTimur Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan,Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yangbentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3ha.

Di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter.

11. Pegunungan Selatan Jawa Barat
Gunung Patuha, yang termasuk ke dalam pegunungan Selatan Jawa Barat Zona Pegunungan Selatan
Jawa Barat, merupakan dataran tinggi dengan puncak di sebelah selatan Bandung. Terletak memanjang dari Pelabuhan Ratu sampai Pulau Nusakambangan di sebelah selatan Segara Anakan dengan lebar + 50 km menyempit hingga beberapa kilometer di sebelah timur. Pegunungan Selatan seluruhnya merupakan sisi selatan geantiklin Jawa yang mengalami masa pengerutan yang melandai ke selatan menuju Samudera Hindia. Berdasarkan pembagian zona fisiografi Jawa Barat di atas, maka daerah Gunung Patuha, termasuk ke dalam Zona Selatan Jawa Barat.

12. Pegunungan Bayah
Pegunungan Bayah (Eosen) yang terdiri atas bagian selatan yang terlipat kuat, bagian tengah terdiri atas batuan andesit tua (old andesit) dan bagian utara yang merupakan daerah peralihan dengan zona Bogor, Bukit di lembah Ci Mandiri dekat Sukabumi, yang terletak pada ketinggian 570-610 m merupakan kelanjutan dari pegunungan Bayah.

13. Pegunungan Bogor
Puncak bogor tempat wisata pegunungan favorit warga jakarta dan sekitarnya. Kota Bogor adalah salah satu kota besar di jawa barat yang sebagian besar wilayahnya adalah dataran tinggi, jadi karena itulah banyak sekali puncak-puncak pegunungan di kota Bogor. Banyak Tempat-tempat wisata pegunungan yang ada di kota bogor dan menjadi tujuan wisata favorit karena dekat dengan jakarta. Salah satunya adalah pegunungan puncak bogor jawa barat.

Demikian daftar deretan nama pegunungan di Jawa. Itu baru pegunungan di jawa, bisa dibayangkan begitu kaya dengan pesona alamnya negeri indonesia kita tercinta. Mari kita jaga bersama kelestarianya. cayoindonesia.