Ditimur Matahari Film Indonesia terbaik yang pernah Lahir

Sudah lama rasanya ingin review film ini, namun Saya baru ingat sekarang. Memang  Film ini sebenarnya sudah lama dirilis, yaitu sekitar pertengahan tahun 2012, akan tetapi tidak ada salahnya kalau saya ingin menciritakan kembali film ini, karena menurut Saya Film ini adalah salah satu film Indonesia terbaik yang pernah dibuat.

Cerita sedih, cinta, komedi, sosial, pendidikan,dan juga  perang ada di film drama Di Timur Matahari ini. Saya benar - benar Salut dan angkat topi sama mas Ari Sihasale selaku produkser dan juga sutradara film Di Timur Matahari ini.

Film yang mengambil lokasi shooting di daerah di Tiom Kabupaten Lany Jaya, salah satu daerah terpencil di pedalaman Papua. Film ini juga dibintangi oleh artis-artis papan atas nasional sebut saja Ringgo, Ririn Ekawati, Lukaman sardi, Laura Basuki, Michael Jakarimilena, Putri Nere serta anak-anak lokal asli papua yaitu; Lucky Martin,Simson Sikoway, Abetnego Yogibalomdan masih banyak lagi pemuda lokal yang turut ambil bagian dalam film ini.

Dikemas dalam bahasa Indonesia yang berdialeg Timur, dan adat istiadat warga lokal serta pemandangan alam lokasi shooting, menambah nilai plus bagi siapa saja yang menonton film ini. Sekedar untuk mengingatkan kembali bahwa pernah ada film indonesia yang bermutu yang lahir di tahun 2012.

Ditimur Matahari Film Indonesia terbaik yang pernah Lahir

Film ini menceritakan tentang perjuangan dan semangat anak-anak di pegunungan Papua untuk mengenyam pendidikan dasar dengan berbagai keterbatasan dan persoalan adat setempat. Salah satu persoalan yang mereka hadapi ketika mereka ingin belajar  namun tidak adanya guru pengganti yang bersedia mengajari mereka setiap hari sebagai akibat kerasnya alam dan kehidupan di lingkungan Tiom yang seringnya terjadi perang antar warga kampung yang penyebabnya dari hal yang sepele.
Matahari terbit di timur menyinari pulau ini.

Papua, pulau paling timur dari Indonesia, dimana cahaya matahari selalu meneranginya lebih awal dari pulau lain. Namun, tidak bagi Mazmur, Thomas dan teman-temannya. Pagi itu, seperti biasa mereka masih setia menunggu kedatangan cahaya, cahaya yang akan menerangi mereka dari kegelapan ilmu pengetahuan, namun seperti hari-hari yang telah lalu cahaya itu pun tak kunjung datang ( GURU).

Karena peranglah yang hingga membuat para guru yang mengajar kerap kali mengurungkan niatnya untuk mengajar di daerah tersebut. Di tengah keterbatasan yang mereka alami,  dan yang menyedihkan adalah semangat anak-anak di desa Tiom untuk bersekolah sungguh luar biasa besarnya.

Mazmur yang diperankan oleh  Simson Sikoway (pemeran utama), hampir setiap hari menanti datangnya guru pengganti yang akan mengajari mereka sambil menoleh ke arah bukit dan berharap-harap cemas.

Tatkala guru yang dinantinya tak kunjung datang, Mazmur pun segera masuk ke kelas sekolah dan memberitahukan kepada teman sekelasnya bahwasanya guru pengganti tidak  datang. Akan tetapi kecerian dan kepolosan anak-anak papua tidak hilang begitu saja. Untuk mengisi kekosongan, terkadang mereka bermain bola di dalam ruang kelas dan murid perempuannya bernyanyi bersama. Lagu “DiSini Senang Di Sana Senang” dan  juga “Hymne Guru” jadi favorit mereka.

Karena guru tidak pernah datang akhirnya Mazmur dan teman-temannya terkadang mencari pelajaran di alam dan lingkungan sekitar. Lewat pendeta Samuel (Lukman sardi), ibu dokter Fatimah (Ririn ekawati), om Ucok(Ringgo) dan om Jolex mereka mendapatkan banyak pengetahuan.

Masa anak-anak mereka begitu indah dengan menghabiskan waktu bermain bersama dan sesekali mereka juga membantu orang tua bercocok tanam di ladang atau membantu ibu ke pasar. Kejadian lucu juga ditonjolkan di film ini lewat karakter dan tingkah Ucok (Ringgo) dan asistennya Jolex.  Ucok merupakan pemuda asal Sumatra Utara, yang bertugas sebagai kontraktor proyek di Tiom. Sebuah kejadian menimbulkan konflik, dimana Ayah Mazmur terbunuh oleh Joseph, ayah dari Agnes, dan paman dari Yokim dan Suryani.

perang papua film ditimur matahari
Perang papua film ditimur matahari
Pertikaian antar kampungpun tak bisa dihindari. Kabar kematian Blasius ayah Mazmur sampai kepada Michael, adik dari Blasius yang sejak kecil diambil oleh mama Jawa yang tinggal dan belajar di Jakarta, Michael terpukul mendengar itu, bersama Vina istrinya, dia memutuskan untuk kembali ke Papua dan mencoba menyelesaikan permasalahan ini.

Namun tidak segampang yang dipikirkannya, karena adik bungsunya Alex menentang semua pemikiran modern dari Michael. Perang Itu jadi jalan satu-satunya bagi Alex untuk membalas kematian Blasius.

Orang dewasa bisa saja perang dan bertikai, namun tidak bagi Mazmur, Thomas dan juga ketiga sahabatnya, walaupun kampung mereka bermusuhan, ayah Mazmur terbunuh oleh ayah Agnes, namun mereka tetap berkawan dan berusaha mendamaikan kedua kampungnya demi sebuah cita – cita mulia.

Data Film Di Timur Matahari 

Judul Film Di Timur Matahari
Sutradara  Ari Sihasale
Produser Ari Sihasale

Pemeran Film Di Timur Matahari
  • Laura Basuki
  • Lukman Sardi
  • Ririn Ekawati
  • Ringgo Agus Rahman
  • Michael Jakarimilena
  • Putri Nere
  • Lucky Martin
  • Simson Sikoway
  • Abetnego Yogibalom
Distributor : Alenia Pictures
Tanggal rilis 14 Juni 2012

Full Movie Ditimur Matahari


Pembelajaran dari Film Di Timur Matahari 


Kondisi sekolah di desa Tiom papua
Kondisi sekolah di desa Tiom papua
  1. Siapapun Presidenya Program pemerintah tentang pemerataan pendidikan seolah selalu menjadi pekerjaan rumah yang belum tuntas untuk di kerjakan, terutama di Kawasan Indonesia Timur. 
  2. Sesungguhnya Pertikaian, permusuhan tidak akan memberikan solusi, balas dendam, saling menjatuhkan hanya akan melahirkan suatu rantai penyakit yang tidak akan ada habisnya. 
  3. Tampilan pemandangan alam Papua yang begitu eksotik. Padang rumputyang terhampar begitu luas. Laksana bentangan permadani hijau. Diselingi pegunungan batuan kars yang membentang satu sama lain. Tempat Mazmur dan Thomas, biasa melepaskan merpati jantan. Di biarkan terbang, untuk mencari sang betina. Ada juga gunung-gunung yang menjulang tinggi. Juga lembah-lembah yang ditumbuhi segala macam pepohonan.
  4. Pernah ada film indonesia yang bermutu yang lahir di tahun 2012.
  5. Bintang 4 buat film Di Timur Matahari. Yang belum nonton silahkan tonton Filmnya
Demikian, semoga bermanfaat untuk pembaca.