Cerita - cerita Legenda Nama Pekalongan

Cerita - cerita legenda Asal - usul nama Pekalongan memang sudah meluas dan hingga sekarang masih hidup di kalangan masyarakat pekalongan dan sekitarnya, keseluruhannya memang saling berbeda dan tanpa adanya kejelasan berdasarkan data fakta.

Kesemua cerita legenda asal - usul nama pekalongan memang terkesan serba di buat - buat menurut versi penceritanya atau asal dari leluhurnya. Cerita legenda memang diceritakan secara turun temurun dari mulut kemulut tanpa adanya bukti yang oetentik secara tertulis sehingga kebenaranya boleh dibilang masih semu.

Namun terlepas dari hal tersebut cerita legenda sebenarnya menurut saya memuat banyak rahasia yang tersimpan didalamnya. Cerita legenda akan terus hidup selama masih diceritakan kepada generasi penurus.

Cerita - cerita Legenda asal usul Nama Pekalongan
Cerita - cerita Legenda Nama Pekalongan

Cerita legenda Asal - usul nama Pekalongan dari Topo ngalongnya Bau Rekso 

Legenda Asal - usul Pekalongan menerangkan bahwa Pekalongan adalah dari Topo ngalongnya Joko Bau ( Bau Rekso ) yang dianggap sebagai pahlawan dari daerah Pekalongan yang kemudian menjadi Pahlawan Mataram.  Bau Rekso ini berasal dari Kesesi Kabupaten Pekalongan yaitu Putra dari Kyai Cempaluk.

Dikisahlkan tatkala Joko Bau bertapa di alas Gambiran ( Gambiran ini yang sekarang menjadi Gambaran Muka PLN lambang dari logo Pekalognan ). Dalam pertapaanya tak ada satupun yang dapat menggodanya termasuk Raden Ngaten Dewi Lanjar ( Ratu segoro Lor ).

Godaan-godaan yang datang dari para prajurit siluman utusan dewi lanjar tak ada satupun yang bisa menggoyahkan pertapaanya. Semua godaan bisa dikalahkan dengan kekuatan gaib Joko Bau yang dalam kisah selanjutnya diceritakan Dewi Lanjar kemudian bertekuk lutut dan dipersunting oleh Bau Rekso.

Satu - satunya yang bisa menggugah Topo Ngalongnya Joko Bau Rekso adalah Tan Kwie Djan yang mendapat tugas dari kerajaan mataram hingga akhirnya bersama sowan ke Mataram untuk menerima tugas.

Dari asal Topo Ngalong Bau Rekso inilah hingga kemudian muncul nama Pekalongan, Karena waktu topo Ngalong ini pada jamannya Sultan Agung, nama pekalongan ini menurut versi seputar abad 17 masehi.

( Dalam sejarahnya Bau Rekso gugur pada tanggal 21 september 1628 di batavia dalam upaya peperangan melawan VOC ). Versi Topo Ngalongnya Joko Bau rekso ini juga banyak berbeda cerita dilain tempat.

Asal - usul Nama Pekalongan dari Kerajaan Kalingga

Sementara masyarakat Pekalongan ada yang beranggapan menurut cerita leluhurnya bahwa konon katanya letak kerajaan Kalingga ada di desa Linggoasri, kecamatan Kajen Kabupaten pekalongan jawa tengah. Kalingga inilah yang kemudian dihubungkan dengan kata kaling, keling, kalang, dan akhirnya menjadi Kalong. Dari kata kalong tersebutlah kemudian muncul nama Pekalongan.

Sementara Kalingga adalah sebuah kerajaan bercorak Hindu-Budha yang konon muncul di Jawa Tengah sekitar abad ke-6 masehi. Letak pusat kerajaan ini sampai sekarang belumlah jelas tentang keberadaanya, kemungkinan berada di suatu tempat antara yaitu antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Jepara sekarang. Sumber sejarah kerajaan ini masih belum jelas dan kabur.

Karena kerajaan kalingga di abad 6 sd 7 masehi, maka nama Pekalongan menurut versi ini seputar abad 6 s/d 7masehi .

Dari asal kata kalong ( kelelawar ) 

Pekalongan Dari asal kata kalong ( kelelawar )
Ilustrasi poto Pekalongan dari asal kata kalong ( kelelawar ) 
Konon dulu katanya di Pekalongan banyak terdapat kelelawar / kalong, terutama berada di daerah kesesi dimana asal mula Bau Rekso dilahirkan dari keluarga Kyai Cempaluk. Dalam versi yang sama, ditempat lain, yakni dikisahkan di sepanjang kali Pekalongan ( kergon ), ditempat itu dulunya diatas pohon Slumpring ( pring )  banyak terdapat binatang kelelawarnya dan juga terdapat diatas pohon Randu Gembyang ( kandang panjang Pekalongan ) dan merupakan tanda bagi kaum nelayan sebagai pedoman bahwa disitu adalah pantai, hingga kemudian dinamakan Pekalongan.

Versi ini seputar abad ke 17 masehi ( karena masih jamannya Bau Rekso)

KALANG.
Kalang yang berarti diasingkan ke..( di selong ) 

Di dalam satu cerita rakyat, daerah Pekalongan ini konon katanya dulu berupa Hutan semak-semak yang banyak setan, silumannya dan tempat tersebut merupakan suatu tempat yang ditakuti oleh siapapun.

Oleh Mataram kemudian tempat semacam ini dipergunakan untuk pembuangan orang hukuman bagi yang membangkang pada Mataram ataupun yang di anggapnya membahayakan bagi mataram sendiri.

Diantaranya yang dikalang disini menurut cerita adalah Bau Rekso yang tadinnya putra Mataram. Dari kata ini pada masa selanjutnya kalang berkembang menjadi kalong dan kemudian Pekalongan . juga sebelumnya ada yang menyebutnya Pekalangan.

Baca juga Cerita Legenda Asal Usul Dewi Lanjar

Demikian Cerita - cerita legenda Asal usul Pekalongan, mungkin di beda tempat masih banyak lagi versi cerita asal - usul pekalongan. Coba tanyakan pada simbah Kalian tentang asal usul pekalongan apakah dari Bau rekso atau Kerajaan Kalingga. Semoga menambah wawasan.


Terimakasih telah membaca artikel Cerita - cerita Legenda Nama Pekalongan. Silahkan boleh di Share.
ads