Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya

Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya. Naskah lagu Indonesia Raya ditulis oleh W.R. Soepratman. Lagu ini sengaja diciptakan untuk menandakan kelahiran pergerakan pergerakan nasional di seluruh seluruh Indonesia.

Selain itu, lagu Indonesia Raya juga sekaligus sebagai tanda hari sumpah Pemuda pada momen Kongres Pemuda II. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan tempo dan kecepatan 96 ketukan dalam waktu satu menit. Dengan not seperempat sebagai satuan hitungannya.

Artikel terkait Sejarah Asal - usul Naskah Lagu Indonesia Raya

Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya
Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya

Makna lirik lagu Nasional Indonesia raya ciptaan W.R. Soepratman

Lirik Lagu Indonesia raya 

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Makna lirik lagu Nasional Indonesia raya ciptaan W.R. Soepratman

Pada lirik pertama " Indonesia Tanah Airku ", mengandung arti bahwa setiap warga memiliki tanah air. Setiap warga juga memiliki hak dan kewajiban terhadap tanah airnya, yaitu Indonesia. Setiap warga juga harus menggunakan kemampuan dirinya dalam upaya mewujudkan makna sumpah pemuda.

Pada makna lirik lagu Indonesia raya kedua terdapat pada kata " Tanah Tumpah Darahku". Ini memiliki arti bahwa setiap warga telah memiliki ruang atau tempat, termasuk diwilayah Indonesia. Tanah Air Indonesia adalah tempat untuk berjuang dan berdarma bakti dengan kerja keras banting tulang, menguras keringat sampai titik darah terahir.

Makna Lirik lagu indonesia raya ke tiga, ada pada kata " Disanalah Aku Berdiri". Kata tersebut memili arti bahwa setiap warga memiliki derajat yang sama.

Lirik lagu ke empat terdapat pada kata "Jadi Pandu Ibuku". Mengandung makna ibu pertiwi atau pemerintahan yang sah dengan tanggung jawab yang besar. Dengan berperan menjadi penuntun bagi semua warga negaranya untuk meningkatkan kesejahteraan semua warganya. Sikap warga terhadap ibu pertiwi harus bersikap sama seperti sikapnya terhadap ibu kandung atau orang tuanya.

Makana Lirik lagu Indonesia Raya ke lima ada pada kata "Indonesia Kebangsaanku, Bangsa dan Tanah Airku". Memiliki makna, setiap warga memiliki kebangsaan yaitu berbangsa Indonesia dan warga negara Indonesia. Dengan memiliki kebangsaan yang sama yaitu bangsa Indonesia diharapkan setiap warga harus bersikap tegas sebagai bangsa dan tanah air Indonesia.

Lirik lagu ke enam " Marilah Kita Berseru, Indonesia Bersatu", kedua kalimat ini menanamkan kesadaran. Selain itu setiap warga juga harus bersikap dan berusaha untuk membina persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Hal ini dilakukan agar Indonesia benar-benar bersatu, baik melalui sikap, kata, tingkahlaku dan perbuatan sehari-hari. Setiap warga juga harus berusaha menjauhkan semua hal yang dapat memecah belah persatuan Indonesia.

Lirik lagu ke tujuh dengan kata " Hiduplah Tanahku, Hiduplah Negeriku, Bangsaku Rakyatku, Semuanya". Kalimat tersebut berarti setiap warga selalu berusaha agar Indonesia menjadi tanah air yang hidup dengan waktu yang tidak terbatas.

Setiap warga Negara Indonesia harus menjadi penduduk yang hidup dengan ide kreatif untuk merubah keadaan, agar bangsa ini lebih baik. Semua rakyat atau warga harus berusaha agar jangan sampai rakyat mati dan jangan sampai punah ataupun bubar.

Makan Lirik lagu Indonesia Raya ke delapan, dengan kalimat " Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya". Yang berarti setiap warga Indonesia harus mengutamakan membangun jiwa kebangsaan, rasa nasionalisme, juga serta semangat berbangsa dan bernegara. Sebagai Warga negara juga harus membangun badannya untuk melaksanakan pembangunan fisik secara maksimal demi kesejahteraan lahir batin.

Pada makna lirik lagu ke sembilan, dengan kata " Untuk Indonesia Raya". Yang berarti, bahwa setiap warga harus berusaha disegala bidang untuk pembangunan Indonesia seutuhnya. Selain itu, warga juga harus melaksanakan usahanya agar bisa maju dan berjalan bersama menuju Indonesia Raya. Setiap warga negara harus saling bersinergi, dan harus diupayakan tidak boleh ada yang saling menghambat.

Makna Lirik lagu ke sepuluh Indonesia Raya, ada pada kalimat " Indonesia Raya, Merdeka Merdeka". Kalimat ini berarti, bahwa seluruh wilayah Indonesia harus merdeka dan bebas dari segala bentuk penjajahan.

Tidak ada penjajahan, penyerobotan dari berbagai pihak asing, atau penguasaan daerah oleh pihak asing. Bahwa setiap warga harus berusaha agar tidak ada lagi penjajahan diseluruh wilayah Indonesia dalam bentuk apapun dan dalam bidang apapun.

Makna Lirik lagu Indonesia Raya ke sebelas, " Tanahku Negeriku yang Kucinta". Ini berarti memiliki arti, setiap warga berprestasi, berkreasi, atau berinovasi harus berdasarkan atas cintanya kepada negeri dan tanah airnya.

Dan pada lirik lagu Indonesia Raya ke duabelas, pada bait kata " Hiduplah Indonesia Raya". Adalah Cita-cita tertinggi dari setiap warga, dimaknai sebagai bangsa harus mampu berjuang hidup untuk waktu yang tidak terbatas.

Bangsa Indonesia juga harus mampu bersaing dalam globalisasi internasional di semua bidang. Dan Indonesia harus hidup terus dengan menjadi negara yang besar dan negara yang disenangi dunia internasional.

Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 lagu Indonesia Raya ini dinyanyikan dengan khidmat, dengan menaikkan bendera merah putih ke angkasa. Marilah sebagai bangsa Indonesia, terutama generasi Muda, hendaknya bisa lebih hafal lirik dan Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya. Demikian semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya . Silahkan boleh di Share.