Mbah Hosen Madura United suporter aktif dan tertua di Indonesia

Mbah Hosen yang berusia 79 tahun, menjadi ikon suporter sepakbola Madura. Mbah Husen menjadi suporter aktif juga tertua Madura United dan bahkan disebut beliau adalah supoter aktif tertua di  Indonesia. 

Sepakbola Madura semakin maju dengan hadirnya Madura United yang mampu bersaing di papan atas liga 1 Indonesia. Dengan dukungan financial klub yang besar ini, klub yang berjuluk Laskar Sapeh Kerrab ini menjelma menjadi salah satu kekuatan besar yang diperhitungkan di liga Indonesia dengan bukti pada liga 1 gojek traveloka musim 2017 lalu, Madura United mampu menempati posisi 5 besar.

Sejarah Madura United FC awalnya adalah merupakan klub Persipasi Bandung Raya, kub ini merupakan hasil penggabungan dari Persipasi Bekasi dengan juga Pelita Bandung Raya yang pada saat itu berlaga di Liga Super Indonesia.

Pemilik Persipasi Bandung Raya, Ari D. Sutedi akhirnya menjual klubnya ke Achsanul Qosasi, dan kemudian bertransformasi menjadi klub Madura United FC yang sekarang berbasis di Pamekasan. Hadirnya klub Madura United yang bermarkas di Stadion Gelora Bangkalan dan Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Madura, Indonesia ini disambut baik Masyarakat Madura dan sekitarnya.

Stadion home madura yang berkapasitas 15.000 sampai 25.000 tempat duduk selalu di penuhi pendukung madura united baik itu dari Pecot mania, K-Conk Mania, atau Taretan Mania yang merupakan kelompok supoter fanatik Madura United.

gambar Mbah Hosen Madura United
Mbah Hosen Madura United
Mbah Hosen Madura United suporter aktif dan tertua di Indonesia

Ada hal yang unik dari supoter Madura yang selalu admin perhatikan ketika nonton live Madura United di stasiun tv, yaitu kehadiran sosok kakek yang selalu terlihat enerjik dengan tarianya yang tak kenal lelah selama pertandingan berlangsung. Ia selalu terlihat diantara dirigen supporter Madura United.

Hampir disemua pertandingan Madura United baik home ataupun away, sang kakek selalu aktif hadir untuk mendukung Madura United. Pakaian dan juga gerakannya yang unik membuat warna tersendiri di setiap pertandingan madura united.

Kakek supoter setia madura united tersebut bernama Mbah Hosen, lahir pada 22 Juni 1949, berasal dari pamekasan madura. Mbah Hosen yang berusia 79 tahun, menjadi ikon suporter sepakbola Madura. Mbah Husen menjadi suporter aktif juga tertua Madura United dan bahkan disebut beliau adalah supoter aktif tertua di Indonesia.

Mbah Hosen adalah supporter sejati Madura United. Sosok Mbah Husen bahkan sangat dihormati oleh para kelompok supporter Madura lainya seperti  K-Conk, Trunojoyo, Taretan Dhibi' dan juga Pecot Mania. Kakek yang juga ahli dalam bela diri pencak silat ini juga memiliki prinsip dalam mendukung Madura united. Mbah Hosen ini juga sangat disukai para pemain Madura United. Mereka dengan ramah menerima permintaan Mbah Hosen untuk berfoto bersama.

Prinsip-prinsip tersebut diantaranya yaitu bahwa dalam mendukung hendaknya supporter mengeluarkan seluruh hati dan jiwanya untuk mendukung klub kebanggan dengan semangat yang membara, namun tidak dengan cara anarkistis.

Mbah Hosen juga ingin kalau setiap supporter di indonesia untuk tidak saling gontok-gontokan / ribut antara satu sama lainya, supoter hendaknya menyamakan visi bahwa pertandingan hanya 90 menit selebihnya di luar lapangan, kita adalah saudara se-bangsa dan se-tanah air Indonesia.

Tidak ada yang salah belajar mengambil hikmah dan semangat dari seorang Mbah Hosen. Sebelum ada Madura United, Beliau mendukung Persepam Madura. Tak cuma mendukung di laga kandang, Mbah Hosen juga aktif ikut saat suporter Madura United tur ke luar kota.

Semangat Mbah Hosen, meski beliau sudah tua diharapkan mampu menular kepada anak-anak muda di Madura untuk beramai-ramai mendukung perjuangan Laskar Sape Kerrab Madura united. Sosok Mbah Hosen murni cuma ingin memberi dukungan kepada Madura United dan sekaligus memberikan hiburan kepada suporter dan juga harapanya agar bisa menjadi contoh kepada seluruh suporter di Indonesia lainya agar mendukung klub kesayanganya tidak dengan cara anarkis.

Harapan terbesar mbah Hosen adalah ingin melihat Madura United jadi juara Liga 1 Indonesia. Semoga bermanfaat. CAYO INDONESIA.


Terimakasih telah membaca artikel Mbah Hosen Madura United suporter aktif dan tertua di Indonesia. Silahkan boleh di Share.