Mengenal Kopi Gayo asal Indonesia yang Mendunia

Mengenal Kopi Gayo asal Indonesia yang Mendunia. Indonesia adalah merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki kekayaan syurga berupa tanaman kopi yang menyebar hampir disetiap penjuru daerah di indonesia. Setiap daerah di indonesia memiliki jenis kopi khasnya tersendiri, baik dari aromanya ataupun cita rasanya.

Beberapa kopi khas dari daerah indonesia bahkan sudah dikenal hingga ke dunia internasinonal, yang salah satunya dalah kopi Gayo dari dataran tinggi tanah Gayo yang meliputi Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

Mengenal Kopi Gayo asal Indonesia yang Mendunia
Kopi Gayo asal Indonesia yang Mendunia
Kopi gayo adalah merupakan varietas kopi arabika yang berasal dari Dataran tinggi Gayo di Sumatra, Indonesia.  saat ini terdapat sedikitnya 90 ribu hektare perkebunan kopi di dataran tinggi Gayo yang sekarang dipisahkan menjadi dua kabupaten. Ini menjadikan dataran tinggi Gayo sebagai produsen kopi Arabica terbesar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga Asia. Kopi gayo menjadi salah satu komoditi unggulan indonesia.

Kebun kopi di Gayo dikelola oleh para petani yang sifatnya individual dengan rata-rata kepemilikan lahan maksimum dua hektare. Karakter kopi Gayo menjadi sangat beragam, karena jenis tanah dan juga ketinggian tumbuhnya yang berbeda dengan kondisi tanah yang terbilang ekstrem. (Tanah Vulkanis di Lukup Sabun, Bandar lampahan, Simpang Balik dan wilayah Bener Meriah lainnya dan bukan vulkanis di Jagong Jeget, Batu Lintang dan sekitarnya. Ketinggian sekitar 700-an Mdpl di Singah Mulo, sampai 1500-an Meter di Lukup Sabun).

Varietas kopi gayo yang ditanam pun berbeda-beda, mulai dari Bourbon sampai Catimor dengan aneka ragam variasinya. Semua ini menjadikan Kopi Gayo menjadi kopi yang sangat unik dalam pandangan para pecinta kopi di dunia. Rasa kopi Gayo tidak pernah stabil, namun skor rata-ratanya selalu diatas.

Segala perbedaan ekstrem yang ada di Tanah Gayo ini, membuat segala macam rasa khas kopi istimewa dunia ada di Tanah Gayo. Rasa khas Kopi Kintamani, kopi Sulawesi bahkan sampai kopi Kolombia dan Kenya pun bisa ditemukan di tanah gayo ini. Keajaiban seperti ini, yang ada di tanah Gayo ini sepertinya tidak dapat ditemukan di sentra produksi kopi manapun di dunia.

Kopi Gayo asal Indonesia yang Mendunia

Pada tanggal 27 Mei 2010 Kopi gayo telah mendapat Fair Trade Certified™ dari Organisasi Internasional Fair Trade, Kopi gayo berhaasil mendapatkan sertifikat IG (Indikasi Geografis) yang diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia waktu itu.

Kemudian pada 10 Oktober 2010 di Bali diEvent Lelang Special Kopi Indonesia, kembali kopi arabika gayo berhasil menyabet peringkat tertinggi saat cupping score. Beberapa Sertifikasi dan prestasi yang telah disabet telah memantapkan posisi kopi gayo sebagai kopi organik terbaik dunia.

Kopi arabika dari dataran Tinggi Gayo, telah dikenal dunia karena memiliki citarasa khas dengan ciri utama antara lain aroma dan perisa yang kompleks juga kekentalanya yang kuat. International Conference on Coffee Science, Bali, Oktober 2010 menominasikan kopi Dataran Tinggi Gayo ini sebagai the Best, dibanding kopi arabika dari tempat lain.

Kopi gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas, dan jika di cupping atau di test rasa dan aromanya, gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia, ini disebabkan oleh faktor ketinggian dan beberapa aspek lain yang menjadikan kopi gayo terbaik, hal ini dibuktikan dengan beberapa kali kopi gayo meraih penghargaan sebagai kopi terbaik dunia. 

Kopi dari daerah gayo ini juga merupakan kopi termahal di dunia. Hal ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.

Negara tujuan terbesar ekspor kopi asal Dataran tinggi Gayo di Sumatra, Indonesia ini adalah Amerika Serikat dan Uni Eropa. Aktivitas perkebunan kopi telah menjadi tulang punggung perekonomian di Kabupaten Aceh Tengah Bener Meriah dan Gayo Lues. Ternyata Tuhan pun sudah menghadiahkan Gayo bagi para pecinta kopi di dunia. Sama halnya seperti Tuhan yang menghadiahkan Bordeaux sebagai surga bagi para pecinta anggur. Demikian semoga bermanfaat, #cayoindonesia.

Terimakasih telah membaca artikel Mengenal Kopi Gayo asal Indonesia yang Mendunia. Silahkan boleh di Share.