Mengenal Sang Legendaris Toyota Kijang

Mengenal Sang Legendaris Toyota Kijang. Mobil Toyota Kijang pada awalnya adalah model mobil kendaraan niaga. Lalu kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga dan merupakan kendaraan paling populer untuk kelas Minibus di Indonesia hingga sekarang.

Sang legendaris Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak 1975. Hingga saat ini Toyota Kijang juga merupakan salah satu model Toyota yang sukses di pasaran sampai sekarang. Di seluruh pelosok Indonesia, berbagai varian dan generasi mobil toyota legendaris ini masih dapat ditemukan.

Peluncuran perdana dari Toyota Kijang generasi pertama adalah pada tahun 1975. Generasi pertama Toyota Kijang menerapkan konsep pick up dengan bentuk kotak mendasar. Model ini sering dijuluki “Kijang Buaya” karena tutup kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. Kijang generasi perdana ini diproduksi hingga pada tahun 1980.

Kijang Doyok ( Kijang dengan seri mobil KF )

Kijang Doyok ( Kijang dengan seri mobil KF )
Kijang Doyok 
Kijang yang diproduksi pada tahun 1981 hingga 1986 seringkali dipanggil kijang Doyok. Mobil yang dipanggil kijang Doyok ini adalah mobil toyota Kijang seri mobil KF, beberapa di antaranya mungkin sudah punah, namun terkadang kijang doyok masih terlihat di jual beli online seperti toko bagus, fjb kaskus, dll.

Nama sebutan kijang doyok sendiri adalah berasal dari Karakter Doyok yang merupakan kreasi dari mendiang Keliek Siswoyo yang karyanya sebelum tahun 1990-an rutin terbit diharian Pos Kota. Karakter Doyok dengan wajah mancung di bagian bibir ini, yang diidentikkan dengan wajah mobil toyota Kijang tersebut.

Mengenal Sang Legendaris Toyota Kijang

Mengenal Sang legendaris Toyota Kijang
Mengenal Sang legendaris Toyota Kijang-min

Tahukah Anda, siapa orang yang berada di balik tercetusnya nama “Kijang” produk mobil asal Jepang itu..?

Artikel terkait Toyota Hardtop sang Legendaris

Nama Toyota Kijang ternyata adalah merupakan kepanjangan dari “Kerja sama Indonesia Jepang”. Dan sosok dibalik pencetus nama KIJANG tersebut adalah Putra daerah kebanggaan Sulawesi Selatan. Yap betul sekali, siapa lagi kalau bukan Jusuf Kalla, yang ternyata beliau adalah pencetus nama Kijang untuk produksi mobil Toyota di indonesia tersebut.

Waktu itu sebenarnya ada beberapa nama yang diajukan, tapi mayoritas menyukai nama ‘KIJANG’, hingga dipilihlah nama TOYOTA KIJANG untuk produksi toyota di indonesia. Yang memasukkan mobil Toyota asal jepang pertama kali ke Indonesia adalah Jusuf Kalla dan kemudian Astra baru belakangan bergabung. Demikian semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel Mengenal Sang Legendaris Toyota Kijang. Silahkan boleh di Share.

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon