Mengenal Tirto.ID

Mengenal Tirto.ID - Saya awal mula kenal dengan TIRTO.ID dari iklan mereka yang sering muncul di blog adsense, lama kelamaan setelah mengenal kok jadi seperti terbiasa, memang begitu hebat magis tirto.id hingga mampu membuat pembacanya jatuh cinta dengan keunikan artikel dan info - info grafisnya.

Artikel ini bukan artikel review atau placement, namun karena Saya memang peduli dengan artikel berbobot macam milik Tirto.id.
Tirto.ID
Tirto.ID
Mengenal Tirto.ID
Tirto.id ini adalah sebuah situs berita yang diluncurkan pada tahun 2016, merupakan media online yang terdaftar di Dewan Pers Indonesia. Sebagian besar halamanya berisi artikel dan juga infografik di Indonesia.

Nama Tirto ini dipilih sebagai ungkapan rasa hormat kepada Tirto Adhi Soerjo (1880-1918) yang merupakan nama pahlawan nasional, juga merupakan bapak pers Tirto Adhi Soerjo yang pada masanya, Beliau telah mendirikan beberapa soerat kabar seperti surat kabar Soenda Berita, Medan Prijaji, dan Putri Hindia, Beliau juga merupakan pembentuk Sarekat Dagang Islam (SDI).

Nama Tirto ini juga terinspirasi dari nama air. Tirto itu pengucapan dari tirta yang dalam bahasa jawa artinya air. Diambilnya nama air karena memang air di itu dibutuhkan orang banyak, begitu juga dengan tirto.id harapanya.

Kenapa Tirto memakai domain [dot id ], jawabanya karena kode domain tersebut adalah domain identitas Indonesia dalam jaringan internet global yang juga tak lepas dari semangat berbangsa. Domain id ini milik pengelola nama domain indonesia PANDI yang berkantor di Gedung Arthaloka, Jl. Jend. Sudirman No.2, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10220

Tentang Logo Tirto.id. Logo dengan paduan warna biru menurutnya adalah sebagai perlambang air jernih dan dalam, serta memilih mencantumkan slogan dalam huruf kecil sebagai wujud dari jati diri Tirto.id, yang akan selalu rendah hati, selalu terbuka dan tidak harus merasa paling benar dan jumawa.

Situs berita Tirto.id ini didirikan oleh Atmaji Sapto Anggoro yang sekaligus menjabat sebagai Pimpinan Redaksi dan CEO. TIRTO.ID Diluncurkan pada 3 Agustus 2016. Pendanaan TIRTO.ID dilakukan secara mandiri oleh Sapto Anggoro (Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab), Teguh Budi Santoso (Chief Content Officer) dan Nur Samsi (Chief Technology Officer) . Tirto.id berkantor pusat di Jakarta dan Yogyakarta, Indonesia .

Sajian daftar menu tulisan Tirto.id meliputi rubrik Mild Report, Indepth, Hardnews,Current Issue, dan Tirto Visual Report (TVR). 

Tirto.id telah lolos verifikasi International Fact-Checking Network (IFCN) pada Januari 2018. (IFCN) adalah Jaringan Pemeriksaan Fakta tingkat Internasional. Dengan demikian sajian berita yang disampaikan Tirto.ID Dapat dipertanggung jawabkan tentang Fakta - faktanya.

Profil Tirto.id ( Jernih Mengalir Mencerahkan )

  • Jenis situs : Situs Berita dan Infografik
  • Bahasa : Indonesia 
  • Markas : Jakarta dan Yogyakarta, Indonesia 
  • Pemilik : PT. Tirta Adi Surya 
  • Sektor : Media
  • Slogan : Jernih Mengalir Mencerahkan
  • Situs web : www.tirto.id 
  • Peringkat Alexa : 43 ( hingga Maret 2018) 
  • Komersial : Ya
  • Diluncurkan : 3 Agustus 2016 
  • Status : Masih Aktif

Site Url https://tirto.id/
Domain Authority 38.61
Page Authority 48.67
IP Address https://tirto.id/
Alexa Rank 2139
Back Links 22402
Site Title Tirto.ID - Jernih Mengalir Mencerahkan
Site Keywords tirto, tirto, berita pers, berita internasional, politik, hukum, sosial budaya, pendidikan, kolumnis
Site Description Media online terkini. Menyajikan tulisan dan infografik berita nasional dan internasional serta analisis berdasarkan fakta dan data.
Google Cache Date N/A
Bing Indexed ?
Yahoo Indexed ?
Google Indexed ?

Demikian semoga bermanfaat. Source : tirto.id

Terimakasih telah membaca artikel Mengenal Tirto.ID. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.