Rentetan Sejarah lahirnya Hari Pramuka Indonesia ( 14 Agustus )

Rentetan Sejarah lahirnya Hari Pramuka Indonesia. Hari Pramuka di Indonesia diperingati setiap tahunya pada tanggal 14 Agustus. 

Tanggal 14 agustus dipilih sebagai hari Pramuka berdasarkan hari terbit Keputusan Presiden tentang Penganugerahan Panji kepada Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana ( PRAMUKA ). 

Pramuka atau dulu istilahnya adalah pandu masuk ke Indonesia tak lepas dari sejarah kepramukaan di dunia, yaitu pada awal abad ke-20.
Sejarah lahirnya Hari Pramuka Indonesia 14 Agustus
Sejarah lahirnya Hari Pramuka Indonesia 14 Agustus 
PRAMUKA atau Scouting Movement, pertama kali dikembangkan oleh Lord Baden Powell. Pada awal mulanya Scouting ini dijadikan sebagai upaya pembinaan terhadap para pemuda yang terlibat dalam tindak kekerasan dan kejahatan. BPBaden Powell ) saat itu adalah merupakan anggota tentara Inggris yang berpangkat letnan jenderal. BP menerapkan scouting dengan ketat kepada 21 pemuda. Ia mendirikan perkemahan di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907.

Nah pengalaman dan juga kesuksesan Baden Powell dalam menangani sejumlah pemuda yang bermasalah dalam scouting ini, baik itu sebelum atau sesudah perkemahan di Brownsea, lalu ditulisnya dan dijadian sebuah buku dengan judul “Scouting for Boy”.

Sejarah lahirnya Hari Pramuka Indonesia

Buku “Scouting for Boy” yang di ciptakan Lord Baden Powell ( Bapak Pandu sedunia) tersebut berisi tentang kepanduan menjadi sangat berkembang di dunia hingga ke Indonesia. Selama rentang waktu antara tahun 1950 -1960 organisasi kepanduan tumbuh menjadi semakin banyak jumlah dan juga ragamnya, yang diantaranya ada sebuah organisasi kepanduan yang berafiliasi dengan partai politik, yang pastinya hal tersebut sangat bertentangan dengan prinsip dasar dan juga metode kepanduan.

Adanya kepanduan ini dianggap tidak efektif serta tidak bisa mengimbangi kemajuan zaman serta kurang berguna untuk mendukung pembangunan Bangsa dan pembangunan generasi muda yang nantinya bisa melestarikan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Melihat keadaan yang seperti itu serta atas dorongan para tokoh kepanduan di masa itu, Melalui Presiden Soekarno sebagai mandataris MPRS di tanggal 9 maret 1961, beliau memberikan amanat untuk pimpinan Pandu di Istana Merdeka.

Presiden Soekarno merasa ada keharusa dalam menunaikan amanat MPRS, agar organisasi kepanduan yang merupakan komponen bangsa yang begitu potensial pada pembangunan bangsa dan negara bisa lebih efektif.
gambar sejarah hari pramuka di indonesia
sejarah hari pramuka di indonesia
Oleh sebab itu Presiden Soekarno membubarkan organsiasi kepanduan yang ada di Indonesia sebagai gantinya beliau meleburnya menjadi suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan yang tunggal dan diberi namalah Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka ini tugasanya melaksanakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan juga kepada pemuda Indoneisa. Gerakan Pramuka dengan lambang Tunas Kelapa dan di bentuk melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961, pada tanggal 20 Mei 1961.

Baca juga [ Rentetan Sejarah Peristiwa Lahirnya Hari Ibu 22 Desember ]

Meskipun Gearakan Pramuka ini keberadaannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961, namun secara resminya Gerakan Pramuka diperkenalkan ke Masyarakat umum pada 14 Agustus 1961, yaitu sesaat sesudah Presiden RI Soekarno menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka. Nah sejak saat itulah, maka setiap tanggal 14 Agustus menjadi dan diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Pramuka Indonesia. 

Karena begitu panjang rentetan sejarah pramuka dan hari pramuka di indonesia, maka sebagai generasi penerus bangsa yang peduli, Kalia wajib ikut dalam gerakan Pramuka. Demikian semoga bermanfaat. Source pramuka.or.id

Terimakasih telah membaca artikel Rentetan Sejarah lahirnya Hari Pramuka Indonesia ( 14 Agustus ). Silahkan boleh di Share.
ads