Sejarah Asal - usul Naskah Lagu Indonesia Raya

Sejarah Asal usul naskah Indonesia raya ini adalah persembahan W.R Soepratman untuk masyarakat indonesia pada acara konggres pemuda Indonesia yang saat itu berlangsung di Gedung Indonesiche Club, yang berlokasi di Jalan Kramat no.106, Jakarta.

Naskah Indonesia raya merupakan salah satu naskah lagu kebangsaan republik Indonesia. Naskah lagu Indonesia raya ditulis oleh W.R Soepratman pada tanggal 28 oktober 1928. Karena semangat nasional yang mengisi jiwa soepratman, hingga beliau mampu menciptakan lagu kebangsaan Indonesia raya ini.

Sejarah Asal usul Naskah Lagu  Indonesia Raya
Sejarah Asal usul Naskah Lagu  Indonesia Raya

Silsilah Keluarga W.R Soepratman 

Wage Rudolf Soepratman ternyata juga pernah tergabung dengan sebuah band di makasar sebagai penggesek biola, dan beliau juga kerap kali tampil pada setiap acara yang digelar. Hingga akhirnya terjadi pergolakan pada jiwanya dan dia lalu memilih untuk hijrah ke Pulau Jawa.

Beliau transit di Surabaya tempat kakaknya, namun setelah beberapa langkah dia harus mendekam di penjara karena dicurigai sebagai pemuda pergerakan. Beliau bisa keluar dari penjara karena berhasil meyakinkan tentara belanda bahwa dia bukan pemuda pergerakan bermodalkan gesekan biolanya. Pada masa itu memang dimana hampir tidak ada pemuda pribumi yang mampu memainkan biola kecuali berasal dari keluarga yang loyal terhadap belanda.

Wage Rudolf Soepratman adalah seorang yang diasuh oleh kakaknya Rukiyem dan juga iparnya yang seorang belanda totok bernama Van Eldik. Mereka tinggal di Makassar, dari iparnya inilah Wage mengembangkan bakat seni musiknya dalam bermain biola, juga menggubah / mengarasement lagu - lagu, hingga pada akhirnya iparnya memberikan sebuah biola kepada wage sebagai hadiah atas kemajuannya dan bermusik.

Naskah TEKS lagu kebangsaan Indonesia raya pertama kali diperdengarkan pada tanggal 28 Oktober 1928. Lagu ini sengaja diciptakan untuk menandakan kelahiran pergerakan pergerakan nasional di seluruh seluruh Indonesia. Selain itu, lagu ini juga sekaligus sebagai tanda hari sumpah pemuda pada momen Kongres Pemuda II.

Lagu Indonesia raya pertama kali dinyanyikan pada acara konggres pemuda. Dan mulai saat itu bila partai-partai politik mengadakan konggres, maka lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan tempo dan kecepatan 96 ketukan dalam waktu satu menit. Dengan not seperempat sebagai satuan hitungannya. Lagu Indonesia raya ini merupakan perwujudan rasa persatuan dan kehendak untuk

Perlu diketahui bahwa Naskah lirik lagu Indonesia raya sekarang dan lirik resmi pada tahun 1958 memang sudah mengalami perbedaan dengan lirik lagu Indonesia yang sekarang ini. Perbedaan mencolok terdapat pada penulisannya yang tidak baku dan masih sesuai dengan tempo dulu. Naskah lagu Indonesia raya pada awal tahun 1958 ini terdapat 3 stanza. Berikut isi naskah teks asli lagu Indonesia raya pada tahun 1958

Naskah Teks asli Lagu Indonesia Raya 1958


Lagu Indonesia Raya 1958

Indonesia Raja
Stanza I
Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Di sanalah Akoe Berdiri Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe
Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja.

Stanza II
Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja
Di sanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja
Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoenja
Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia
Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja
Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

Stanza III
Indonesia Tanah Jang Seotji
Tanah Kita Jang Sakti
Di sanalah Akoe Berdiri
‘Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri
Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji. Indonesia Abadi
S’lamatlah Ra’jatnja
S’lamatlah Poetranja
Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja
Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja
Indonesia Raja Merdeka Merdeka
Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja


Lirik Lagu Indonesia Raya ( sekarang )

Indonesia Raya

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya


Baca Makna dari lirik lagu Nasional Indonesia Raya

Sejarah Asal - usul Naskah Lagu Indonesia Raya ini telah membuktikan bahwa lagu kebangsaan indonesia raya ini mempunyai sejarah yang cukup panjang, penuh dengan makna dan semangat perjuangan bangsa indonesia terutama kaum muda.  Semoga bermanfaat.