5 Makanan Nasional yang telah ditetapkan Kementrian Pariwisata

5 Makanan Nasional Indonesia yang telah ditetapkan olehKementrian Pariwisata. Tak terbantahkan lagi bahwa menjelaskan bahwa industri kuliner memberikan sumbangan cukup signifikan dalam sektor ekonomi kreatif.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, menjelaskan bahwa sebesar 30-40 persen pengeluaran rata-rata wisatawan dialokasikan untuk wisata kuliner.

“Motivasi orang untuk bepergian salah satunya itu adalah untuk tujuan kuliner. Biasanya kalau datang ke suatu daerah kemungkinan besar yang dicari selain tempatnya juga wisata kulinernya. Pengeluaran orang (wisatawan) untuk kuliner itu hingga 40 persen,” ujar Arief saat ditemui di Kementrian Pariwisata, Jakarta, Senin (9/4/2018)seperti dikutip dari halaman tribunnews.

Maka dari itu, untuk terus meningkatkan industri kuliner, kini Indonesia telah memiliki national food yang bisa diperkenalkan ke mancanegara. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) setidaknya telah menetapkan 5 makanan nasional Indonesia.

“Pemilihan kelima makanan nasional tersebut karena dianggap paling mewakili Indonesia. Selain itu makanan nasional mudah dibuat dan juga mudah ditemukan di Indonesia,” lebih lanjut Arief mengatakan.

Arief mengatakan penentuan makanan nasional ini bedasarkan dari Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner.
5 Makanan Nasional
5 Makanan Nasional
Berikut adalah 5 Makanan Nasional yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata .

1. Gado - gado

Gado - gado Indonesian salad turis mancanegara biasa menyebut makanan ini. Gado - gado adalah makanan yang terdiri dari campuran sayur yang disiram bumbu kacang ini, sangat digemari masyarakat indonesia. Terlebih lagi, ada beberapa makanan yang mirip dengan gado-gado di beberapa daerah indonesia, dan termasuk juga lotek (Bandung) dan juga pecel (Jawa).

2. Rendang
Rendang tentunya sudah sangat dikenal, tak hanya bagi orang Indonesia, namun juga bagi para wisatawan asing. Rendang ini pernah menyandang sebagai makanan terenak di dunia versi CNN. Kompleksitas bumbu dan keseimbangan rasa rendang membuat makanan khas masakan padang ini digemari berbagai kalangan masyarakat di indonesia.

3. Sate
Sate juga merupakan kuliner yang banyak digemari dan juga sangat mudah ditemukan di berbagai sudut di indonesia. Sate merupakan potongan daging yang ditusuk, lalu diberi bumbu. Beda daerah di indonesia, beda lagi jenis dan nama satenya. Kalian pasti bisa membedakan antara sate padang dan sate madura. Itulah mengapa sebabnya sate menjadi salah satu national food yang ditetapkan oleh Kemenpar.

4. Soto
Soto adalah merupakan salah satu jenis kuliner indonesia yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Seperti halnya sate, berbeda tempat, berbeda pula jenis dan nama sotonya. Soto Bandung misalnya, memiliki ciri khas kuah bening dan pemakaian lobak sebagai salah satu komponennya, lalu ada juga soto taoto di pekalongan .

5. Nasi Goreng
Meski tampak seperti kuliner biasa biasa, nasi goreng terkenal hingga ke mancanegara. Banyak pemain bola luar yang bermain di indonesia menyukai nasi goreng. Nasi goreng juga menjadi makanan favorit di beberapa restoran Indonesia yang berada di luar negeri. Nasi goreng ini juga sangat mudah ditemui di wilayah indonesia baik di berbagai sudut perkotaan maupun pedesaan.

Nah itulah 5 Makanan Nasional indonesia yang telah ditetapkan Kementrian Pariwisata. Selain menetapkan makanan nasional, ada juga tiga destinasi wisata kuliner yang ditetapkan Kemenpar sesuai dengan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) .

Terimakasih telah membaca artikel 5 Makanan Nasional yang telah ditetapkan Kementrian Pariwisata. Silahkan boleh di Share.