Jadwal lengkap tahapan seleksi SBMPTN 2018

Jadwal tahapan seleksi SBMPTN 2018.  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN 2018 adalah seleksi berdasarkan hasil UTBC dan UTBK yang dilakukan calon mahasiswa secara bersama di bawah koordinasi panitia pusat.

Kabar baiknya, bahwa seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk para calon mahasiwa perguruan tinggi SBMPTN 2018 resmi telah di buka hari ini, tanggal 5 April-27 April 2018 sudah dibuka.

Dikutip dari halaman CNN Indonesia, menurut Prof Ravik Karsidi, selaku Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN, mengataka :

"Mulai pagi ini, siswa yang ingin mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bisa melakukan pendaftaran melalui lama SBMPTN," kata Prof Ravik Karsidi, Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN, Kamis (5/4) dikutip dari Antara. 

Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara daring / online dan bisa di akses melalui situs laman resmi SBMPTN. Sedangkan tata cara pengisian formulir SBMPTN 2018 bisa diunduh di halaman khusus unduhan / download SBMPTN sejak tanggal 29 Maret 2018 lalu.

Biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN 2018 peserta adalah sebesar Rp200 ribu rupiah dan bisa dibayarkan lewat metode transfer ke bank Mandiri, BNI, dan juga BTN.

Perlu di ingat bagi Kalian yang sudah melakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN 2018, biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Untuk penyelenggaraan ujian UTBC dan juga UTBK akan dilakukan pada tanggal 8 Mei 2018, dan sedanggkan ujian untuk tes keterampilan akan dilakukan pada tanggal 9 Mei dan atau 11 Mei 2018.

Beberapa materi ujian tulis SBMPTN diantaranya terbagi menjadi tiga kelompok tes ujian, yaitu diantaranya Sains dan Teknologi meliputi ujian Tes Kemampuan dan juga Potensi Akademik (TKPA) dan ada juga tes Kemampuan Dasar Sains (TKD) Saintek.

Lalu untuk kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian adalah sebagai berkikut, TKPA dan TKD Soshum. Dan kelompok terakhir adalah ujian campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Pengumuman hasil tes SMBPTN 2018 sendiri akan diumumkan pada Selasa ( 3/7/08 ) . Berikut adalah Jadwal lengkap dan tahapan seleksi untuk SBMPTN 2018.

Untuk kalian yang ingin mengikuti / mendaftar di SBMPTN 2018., ada baiknya juga untuk memperhatikan jadwal dan juga tahapan seleksi SBMPTN 2018 yang telah dibuat oleh Panitia Pusat SNMPTN 2018. Berikut ini adalah tahapan juga cara pendaftaran SNMPTN 2018.
Jadwal tahapan seleksi SBMPTN 2018
Seleksi SBMPTN 
Jadwal dan tahapan seleksi SBMPTN 2018

1. Mengisian dan Verifikasi PDSS Tanggal 13 Januari - 10 Februari 2018

Pada tahap ini Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa. Tahapan ini sudah selesai dilakukan masing-masing Kepala Sekolah.  Setelah itu, Panitia Pusat melakukan pemeringkatan dari data yang sudah diisi oleh Kepala Sekolah. Pemeringkatan menghasilkan daftar siswa yang berhak mengikuti SNMPTN 2018.

2. Pendaftaran SNMPTN ( Tanggal 21 Februari - 6 Maret 2018)

Siswa yang memenuhi kriteria dapat melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor induk siswa nasional (NISN) dan password login ke laman SNMPTN 2018 di sini  atau copy link url berikut dan tempelkan di browser kalian [ https://www.web.snmptn.ac.id ]

Pada tahap ini, siswa mesti mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, dan mengunggah pasfoto serta dokumen prestasi jika ada. Khusus siswa pada program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan di laman SNMPTN. Pengunggahan ini bisa dilakukan selama proses pendaftaran.

Pendaftar dapat memilih paling banyak tiga program studi dari dua PTN. Pada tahap ini, siswa dituntut untuk berhati-hati dan memikirkan pilihan dengan matang. Finalisasi dan pencetakan kartu pendaftaran bakal ditutup tepat pukul 23.59 WIB.

Pendaftar tak perlu mengeluarkan biaya apapun karena biaya SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah.

3. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2018 Tanggal 17 April 2018.

Panitia Pusat SNMPTN bakal mengumumkan hasil SNMPTN sebulan setelah pendaftaran ditutup pada Selasa, 17 April 2018 melalui laman resmi SNMPTN.

4.Pendaftaran Ulang SBMPTN 2018 tanggal 8 Mei 2018

Setelah mengumumkan kelulusan, peserta mengikuti proses pendaftaran ulang dengan memverifikasi dokumen di PTN masing-masing pada Selasa, 8 Mei 2018. Ini bersamaan dengan pelaksaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Siswa yang tak lolos SNMPTN dapat kembali mencoba tes perguruan tinggi melalu jalus SBMPTN. Demikian info Jadwal dan tahapan seleksi SBMPTN 2018. Semoga bermanfaat. Source cnn indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel Jadwal lengkap tahapan seleksi SBMPTN 2018. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.