Lirik Lagu Nasional Bagimu Negeri [ Karya Kusbini ]

Lirik Lagu Nasional Bagimu Negeri karya dari Kusbini. Pencipta lagu Bagimu Negeri adalah Raden Kusbini, Ia lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 1 Januari 1910 dan meninggal di Yogyakarta, pada tanggal 28 Februari 1991 di usia yang ke 81 tahun.

Kusbini adalah merupakan tokoh musik kroncong legendaris diera 1930 - 1955 yang, bersama dengan Annie Landouw, Gesang, S. Abdoellah, Miss Roekiah, dll.

Lagu ciptaan Kusbini "Bagimu Negeri" adalah merupakan lagu wajib perjuangan yang diciptkan pada tahun 1942 dan juga telah ditetapkan sebagai lagu wajib nasional pada tahun 1960.
Bagimu Negeri Kusbini
R. Kusbini pencipta lagu nasional Bagimu Negeri 
Awal penciptaan lagu "Bagimu Negeri" tersebut adalah bermula ketika Kusbini bertemu dengan Bung Karno, dan lalu bertanya padanya mengenai gagasan untuk menciptakan sebuah lagu perjuangan. Maka saat itu juga Kusbini langsung menyetujui gagasan Bung Karno tersebut.

Dalam lirik lagu Bagimu Negeri, Kusbini mengartikan " Negeri " sebagai Negara (Neg), ia rupanya sengaja menyelebungkan pesan perjuangan dalam lirik lagu Bagimu Negeri karena pada saat itu Jepang tidak menyukai dengan segala hal yang memang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sebelum dikumandangkanya lagu Bagimu Negeri secara resmi, lirik lagu tersebut telah mengalami perubahan syair beberapa kali.

Pada tahun 1978 Kusbini digugat oleh J. Semadi yang mengaku sebagai pencipta lagu Padamu Negeri, dan saat itu Kusbini dituduh telah membajak karyanya. Perkara tersebut sempat menimbulkan polemik di pengadilan, namun akhirnya berakhir dengan kemenangan Kusbini.

Lagu Bagimu Negeri ini sekarang banyak dipakai oleh stasiun TV sebagai lagu penutup di akhir siaran. Beberapa stasiun televisi yang memakai lagu Bagimu Negeri sebagai lagu penutup di akhir siaranya adalah diantaranya TVRI, Trans TV, B-Channel, RTV, Elshinta TV, MQTV, Elshinta TV dan yang lainya. Nah berikut adalah Lirik Lagu Nasional Bagimu Negeri Karya Raden Kusbini.

Bagimu Negeri
Karya Kusbini 

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami


Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

Terimakasih telah membaca artikel Lirik Lagu Nasional Bagimu Negeri [ Karya Kusbini ]. Semoga bermanfaat | Ayo Share dan sebarkan.