3 Jenis Jeruk yang Populer di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil buminya. Salah satu hasil bumi indonesia yang populer adalah buah- buahan, bahkan ada beberapa kota di indonesia yang terkenal dengan nama buahnya.

Nah salah satu buah - buahan yang terkenal di indonesia adalah buah jeruk. Buah jeruk menjadi buah favorit bagi banyak orang, karena memang buah jeruk ini memiliki rasanya yang manis dan juga karena harganya yang terjangkau. Selain itu buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Walaupun jeruk lokal di Indonesia terkadang kurang diminati dan kalah bersaing dengan jenis jeruk impor yang banyak beredar baik dipasar tradisional ataupun pasar swalayan, namun sebenarnya Indonesia memiliki banyak jenis jeruk, nah berikut adalah 3 jenis jeruk yang populer di Indonesia.

Tiga Jenis Jeruk yang Populer di Indonesia

1. Jeruk Berastagi  
kebun jeruk brastagi
kebun jeruk brastagi foto instagram nevamandasari
Kota Brastagi di kabupaten Karo Sumatera Utara ini selain memiliki wisata alam yang terkenal bernama puncak Brastagi, kota ini juga dikenal sebagai kota penghasil jeruk yang sudah menjadi salah satu komoditi andalan di kota ini.

Jeruk brastagi ini termasuk kedalam jenis jeruk keprok yang memiliki rasa manis dan juga segar karena mengandung banyak air. Keistimewaan jeruk brastagi yaitu buahnya nyaris tidak memiliki biji.

Kebun jeruk merupakan daya tarik wisata di brastagi. Di kebun jeruk brastagi wisatawan bisa melihat dan memetik langsung buah jeruk segar langsung dari pohonnya.

Wisatawan dapat sepuasnya makan jeruk di kebun tersebut secara gratis, namun Jika pengunjung ingin membawa pulang buah jeruk, cukup membayar sekitar Rp 20.000 per kilogramnya. Jika kalian jalan - jalan ke brastagi jangan lupa membeli oleh - oleh buah jeruk brastagi segar langsung di kebun jeruk Brastagi, atau jika kalian malas bisa pergi ke pasar buah Brastagi yang terkenal dan selalu ramai pengunjung.

2. Jeruk Pontianak
jeruk pontianak
jeruk pontianak
Jeruk Pontianak atau Jeruk Tebas/sambas sebenarnya jeruk ini bukan dari Pontianak, jeruk Pontianak berasal dari kecamatan Tebas kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Jeruk ini merupakan jenis jeruk siam dan menjadi salah satu komoditi unggulan Kalimantan Barat.

Jeruk pontianak memiliki rasa khas manis dan sedikit asam. Jeruk pontianak memiliki lapisan kulit tipis dan juga tidak lengket bila di kupas, warna dagingnya kuning ke emasan.

Sedikit tips buat kalian, Kalau mau membeli jeruk pontianak sebaiknya cari yang ciri fisiknya berkulit tipis dan juga licin mengkilap agar rasanya manis juga segar karena memiliki banyak kandungan airnya.

Selain di Indonesia, Jeruk Pontianak ini sudah terkenal hingga sampai keluar negri, karena jeruk ini telah di ekspor ke Brunai Darussalam, Malaysia, Singapura dan bahkan hingga ke Thailand.
Jika Kalian sedang jalan-jalan ke daerah Kalimantan Barat, ada baiknya mampir ke sentra buah pontianak di kabupaten Sambas, baik di kecamatan Tebas, Pemangkat ataupun yang lain.

3. Jeruk Bali
Jeruk bali
Jeruk bali
Jeruk bali ini memiliki ukuran yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya yang ada. Jeruk bali selain bentuknya yang besar juga memiliki kulit yang tebal. Jeruk bali memiliki warna kehijauan dengan daging buahnya yang berwarna kemerah - merahan dan banyak mengandung air dengan rasanya yang manis asam dan agak getir. Ada dua jenis jeruk bali di Indonesia yaitu jeruk bali yang berdaging buah warna merah dan ada juga yang buahnya warna putih.

Jeruk bali ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh kita. jeruk bali ini mengandung vektin, yang dipercaya banyak orang mampu untuk menurunkan kolestrol dan juga sekaligus dapat mengurangi resiko sakit jantung. Kandungan vektin pada jeruk bali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk jenis lain., baik jeruk bali merah maupun putih

Jeruk bali berasal dari bali namun namun banyak juga terdapat di daerah lain seperti di sentra produksi jeruk bali yang ada di kabupaten Magetan dan juga kabupaten Madiun Jawa Timur, serta ada juga di daerah Bageng kabupaten Pati Jawa Tengah.

Terimakasih telah membaca artikel 3 Jenis Jeruk yang Populer di Indonesia. Silahkan boleh di Share.
ads