3 Patung bersejarah di Surabaya Indonesia

Kota Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan karena memang dahulu kala di Surabaya banyak pahlawan yang gugur melawan para penjajah. Para pejuang kemerdekaan ini biasa disebut dengan pahlawan, karena mereka rela mengobarkan nyawa hanya demi membela tanah air Indonesia ini.

Tak hanya itu, para pahlawan juga telah berjuang dengan ikhlas dan sepenuh hati tanpa mengharap adanya pamrih. Oleh karena itu para generasi muda wajib untuk menghargai pengorbanan dan jasa - jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan indonesia.

Sekarang ini sudah banyak dibangun patung - patung bersejarah di Surabaya. Hal tersebut merupakan salah satu wujud dari mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Dengan begitu, para generasi muda akan dapat dengan mudah mengenali sekaligus menghargai jasa dari pahlawan yang telah rela berjuang mati-matian dalam membela tanah air Indonesia. Berikut adalah tiga patung bersejarah di Surabaya, diantaranya adalah, sbb.

3 Patung bersejarah di Surabaya Indonesia

1. Patung WR Supratman
patung bersejarah surabaya
patung wr supratman
Patung WR Supratman merupakan salah satu bangunan patung – patung bersejarah di Surabaya. Nama lengkap dari pahlawan yang dijadikan patung ini adalah Wage Rudolf Supratman yang lahir tepat pada tanggal 9 Maret 1903.

Sementara itu, beliau meninggal pada tanggal 17 Agustus 1938 yang bertepatan di kota Surabaya. Beliau adalah salah seorang pahlawan Indonesia yang telah berhasil menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang berjudul “Indonesia Raya”.

Lokasi dari patung WR Supratman ini adalah berada di jalan Kenjeran,Surabaya Timur atau lebih tepatnya berada di dekat makamnya sendiri. Patung WR Supratman ini terlihat sedang memainkan salah satu alat musik yakni biola.

Sementara itu, pada bagian latara terdapat sebuah tembok yang bertuliskan teks lagu Indonesia Raya yang ditulis dengan ejaan lama. Tujuan utama dari pembangunan patung WR Supratman ini adalah untuk menunjukkan kepada generasi muda bahwa dulunya Indonesia memiliki seorang maestro yang hebat.

2. Patung Sura dan Buaya
gambar patung surabaya
patung surabaya
Bangunan patung - patung bersejarah di Surabaya sudah sangat banyak, dan salah satu dari patung bersejarah yang sangat terkenal dan populer di Surabaya adalah patung Sura dan Buaya.

Tahukah anda bahwa patung bersejarah ini merupakan sebuah lambang dari kota Surabaya. Lokasinya berada di bagian depan Kebun Binatang Surabaya.Sesuai dengan namanya, patung ini tentu terdiri dari dua jenis hewan yang juga menjadi inspirasi dari nama kota Surabaya ini.

Hewan tersebut adalah sura atau ikan hiu dan buaya. Perlu anda tahu bahwa pengambilan kedua jenis hewan ini berasal dari sebuah legenda cerita rakyat yang menceritakan asal usul kota Surabaya.

3. Patung Komodor Yos Sudarso

gambar patung yos sudarso surabaya
patung yos sudarso surabaya
Patung yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan patung – patung bersejarah di Surabaya.Patung Komodor Yos Sudarso merupakan sebuah patung yang sedang berposisi siap serta berdiri dengan gagah.

Artikel terkait [ Karya Lukisan Naturalisme peristiwa pertempuran 10 November 1945 Surabaya ]

Lokasi dari patung bersejarah ini adalah di Jalan Rajawali, Surabaya Utara.Tujuan dari pembangunan patung Komodor Yos Sudarso ini adalah agar para generasi mudah dapat mengenang jasa dari seorang pahlawan yang telah berjuang gigih membela tanah air Indonesia ini.

Kegigihan dari Komodor Yos Sudarso sangat jelas terlihat pada saat pertempuran di Laut Arafuru.Sementara itu bukti dari kegigihan Komodor Yos Sudarso telah tertulis pada bagian bawah patung yang menujukkan sebuah tulisan “Kobarkan Semagat Pertempuran”. Demikian semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel 3 Patung bersejarah di Surabaya Indonesia. Silahkan boleh di Share.
ads