Definisi Pengertian tentang Erupsi Gunung

Definisi pengertian tentang Erupsi Gunung. Erupsi adalah  merupakan pelepasan magma, gas, abu, danlainya ke permukaan bumi.

Pengertian Erupsi di definisikan sebagai letusan gunung berapi atau semburan sumber minyak dan juga uap panas dari dalam perut bumi (Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Secara umum, definisi pengertian kata erupsi adalah tidak hanya di temukan dalam ilmu Geografi belaka, namun akan tetapi kata erupsi juga di temukan dalam bidang kesehatan dan juga kedokteran gigi.

Namun secara khusus, saya hanya akan mengulas tentang definisi pengertian erupsi dalam ilmu geografi yang berhubungan dengan gunung tentunya.
Definisi Pengertian tentang Erupsi Gunung
Erupsi Gunung
Erupsi gunung berapi adalah terjadi jika adanya pergerakan atau aktivitas magma yang berasal dari dalam perut bumi kemudian merangsak naik menuju ke permukaan bumi. Namun secara umum, erupsi gunung berapi ini di bedakan menjadi dua, yaitu erupsi eksplosif dan juga erupsi efusif.

1. Erupsi Eksplosif 

Erupsi eksplosif adalah merupakan proses keluarnya magma, gas atau abu dan juga disertai tekanan yang sangat kuat, sehingga dapat melontarkan material - material padat dan juga gas yang berasal dari magma maupun dari tubuh gunung api menuju ke atas atau angkasa.

Erupsi eskplosif inilah yang terkenal dengan sebutan letusan gunung berapi. Letusan gunung berapi terjadi akibat tekanan gas yang teramat sangat kuat. Contoh dari erupsi eksplosif adalah letusan gunung berapi krakatau, letusan gunung merapi, dll.

2. Erupsi Efusif (freatik) 

Erupsi Efusif (freatik) adalah merupakan peristiwa keluarnya magma dalam bentuk lelehan larva. Erupsi efusif, terjadi dengan tekanan gas magmatik yang tidak seberapa kuat, sehingga magma kental dan pijar dari lubang kepundan hanya tumpah mengalir menuju ke lereng-lereng puncak gunungnya. Contoh dari peristiwa erupsi efusif  adalah erupsi gunung semeru, erupsi gunung merapi, dll.

Erupsi efusif yang sering atau rutin terjadi dapat mencegah terjadinya erupsi eksplosif. Karena dengan sering keluarnya lelehan lava, maka tekanan didalam perut bumi akan semakin berkurang. Beberapa peristawa alam letusan gunung berapi, bisa terjadi karena terhentinya erupsi efusif secara rutin.

Para penduduk sekitar lereng gunung semeru percaya bahwa selama lava masih keluar dari kepundan gunung semeru secara rutin, maka kemungkinan gunung semeru akan meletus sangat kecil.

Terimakasih telah membaca artikel Definisi Pengertian tentang Erupsi Gunung. Silahkan boleh di Share.
ads