Sejarah awal mula lahirnya Soto

Siapa yang tak kenal dengan Soto. Jenis makanan yang satu ini mudah sekali ditemui di setiap sudut indonesia, baik di desa ataupun perkotaan, dari kakilima hingga resto berbintangpun soto bisa ditemukan. Maka tak mengherankan bila soto menjadi satu dari lima makanan nasional yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata. Pendek kata setiap orang Indonesia paham dengan gurih dan nikmatnya Soto, namun taukah Anda bagaimana sebenarnya sejarah atau awal mula Soto berasal.

Di beberapa daerah, Soto ini memiliki sebutan berbeda-beda, seperti di daerah Bugis Makassar, Masyarakat menyebut Soto dengan Coto, lalu Orang Pekalongan mengenalnya sebagai Taoto, kemudian di Banyumas dan Kebumen Soto ini disebut Sroto.

Sejarah awal mula lahirnya Soto 
sejarah soto
sejarah soto
Orang-orang Tionghoa ternyata sangat berperan penting dari kelahiran Soto. Dalam bahasa Mandarin Soto adalah caudu atau jao to yang merupakan masakan khas dari Tionghoa pada waktu itu. Soto pertama populer di Semarang pada abad ke-19.

Pengaruh budaya Tionghoa dari Soto tercermin pada paduan mie, bihun / soun, bawang putih, bawang goreng, tauco, dan dalam penyajian terlihat pada penggunaan sendok bebek dan mangkuk sup Tiongkok.

Baca juga : [ Sejarah Asal - usul Ikan Mujair ]

Dari dapur kaum Tionghoa, kini soto menjalar ke tangan masyarakat indonesia yang makin berkembang dengan penggunaan daging pun tak hanya ayam dan sapi saja, namun melainkan semakin beragam, seperti Soto Bebek dari Tegal, lalu ada Soto Kelinci di Lembang, Soto Kepiting dari Banjarmasin, Soto Sotong di banten, Soto Bandeng di Bangkalan, dan lain sebagainya. Dari penggunaan beragam bahan tersebut, beberapa soto menjadi terkenal, seperti Soto Betawi, Soto Pekalongan, lalu ada soto kikil, soto sumsum, soto ceker, soto babat dan lain sebagainya.

Soto selain mengandalakan daging dan juga jeroan, namun ada juga Soto yang justru menonjolkan unsur sayuran, seperti mie kuning yaitu Soto Mie. Soto, yang dahulu bermula dari dapur kaum Tionghoa, kini menetap dan menjadi kuliner khas Indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel Sejarah awal mula lahirnya Soto . Silahkan boleh di Share.
ads