10 Tempat Wisata Alam Jawa Timur yang sering dikunjungi

Inilah 10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang sering dikunjungi atau populer, atau ramai pengunjung.  Jawa Timur adalah sebuah provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yang Ibu Kotanya adalah di Surabaya. Kota metropolitan Surabaya merupakan wajah modern dari Jawa Timur dengan berbagai karakteristik budaya yang memang masih tetap dipertahankan.

Akses untuk menjangkau tempat-tempat wisata di Jawa Timur pun, sekarang telah didukung dengan berbagai moda transportasi umum dengan infrastruktur yang saya rasa sudah baik, mulai dari stasiun kereta api hingga Bandara Internasional tersedia di Jawa Timur.

Bandara udara Djuanda adalah salah satu bandara yang terbaik di Indonesia. Di Jawa Timur, Kalian juga dapat dengan mudah mendapatkan bis umum, Taxi, angkot, penyewaan mobil, Taksi hingga angkutan lewat aplikasi online sudah banyak tersedia di Jawa Timur. Bahkan, Kalian juga bisa mengelilingi kota dengan becak atau angkutan tradisional lainya.

Bagi kalian yang ingin bermalam di Jawa Timur juga sudah banyak tersedia Hotel, Losmen, homestay, Villa , bahkan Rumah kontrakan dan kos - kosan sudah banyak tersedia dan mudah dicari. Harga penginapan di Jawa Timur pun tergolong masih terbilang murah jika dibanding dengan Kota Jakarta.

Ada begitu banyak tempat wisata alam yang berlokasi di Jawa Timur yang begitu akrab ditelingga para traveler. Selain Gunung Semeru yang terkenal di Jawa Timur, berikut adalah rangkuman Top 10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur.

Top 10 Tempat Wisata Alam Jawa Timur 

1. Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang Jawa Timur
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Malang
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan wisata gunung berapi terbesar di Jawa Timur yang mencakup area dengan luas 800 km persegi.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini adalah juga sebagai kawasan daerah konversi. Kawasan ini memiliki keunikan yaitu berupa lautan pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian 2.100 meter dari permukaan laut.

Banyak hal memikat yang dapat kalian peroleh dari kawasan tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini. Hal yang dapat kalian lakukan jika berwisata ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah di antaranya, pergi ke Cemorolawang guna melihat dari kejauhan hamparan lautan pasir dan juga kawah Bromo, atau kalian dapat mengarungi laut pasir Tengger dengan berkuda, bisa juga menyewa kendaraan Jeep untuk menjelajahi lautan pasir tersebut.

Dari suatu tempat bernama Pananjakan, Kalian akan disuguhi panorama alam gunung Bromo, gunung Batok, dan gunung Semeru yang memikat hati, dan di Pananjakan ini pulalah yang merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan Sunset dan sunrise.

Kalian juga dapat pergi ketempat dimana terdapat danau-danau yang indah dengan airnya yang dingin khas pegunungan dan selalu berkabut. Salah satu danau di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terkenal adalah Danau Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo.
Danau Ranu Kumbolo
Danau Ranu Kumbolo
Kawasan danau ini sering digunakan sebagai tempat untuk camp pendaki Gunung Semeru. Selain itu, masih ada danau Ranu Darungan, sebuah tempat untuk kegiatan pengamatan satwa/tumbuhan dengan panorama pemandangan alamnya yang menawan.


2. Gunung Bromo di Malang Jawa Timur
gunung bromo
Gunung bromo
Melihat pesona keindahan Sunrise gunung Bromo adalah merupakan salah satu hal terbaik yang takan terlupakan dalam kehidupan Kalian. Gunung Bromo memang tidak sebesar gunung - gunung  api lainnya yang ada di Indonesia, namun akan tetapi gunung bromo memiliki magis pemandangan alam nan spektakuler cetar membahana. Keindahannya yang luar biasa tersebut membuat banyak wisatawan yang rela jauh - jauh datang untuk mengunjunginya.

Gunung Bromo memiliki karakter alam yang rupawan, yaitu berupa kaldera lautan pasir yang luas yang terletak diketinggian 2.392 MDPL, dan inilah yang membuat tempat wisata yang berlokasi Malang Jawa Timur ini disukai wisatawan.

Ketika Sunset tiba, lautan pasir Gunung Bromo ini terlihat menawan dengan rona warna jingga yang menyelimutinya. Pemandangan menakjubkan ini, bahkan dapat Anda saksikan dari Cemorolawang, yaitu dari pintu masuk ke area wisata Gunung Bromo.

Aktifitas spesial di Gunung Bromo adalah Berkuda di atas lautan pasir, yang Saya yakin, hal ini adalah merupakan pengalaman yang luar biasa dan takan terlupakan.

3. Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur
Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen adalah merupakan sebuah danau kawah yang terbesar di pulau Jawa. Kawah Ijen adalah Danau belerang yang mempunyai fenomena menakjubkan berupa blue fire (api biru). Kalian dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.

Untuk mencapai ke kawah Ijen di Banyuwangi, Kalian harus mendaki setinggi 3 km, sekitar 1,5 jam. Kemiringan pendakian adalah 25 - 35 derajat. Namun jangan hawatir, rasa lelah mendaki akan terbayar habis saat Kalian mendapati pesona menakjubkan blue fire.

4. Pesona Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura 
Air terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini adalah merupakan satu dari air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun Madakaripura ini adalah merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Air terjun dengan pemandangan yang menjulang tinggi ini, dijuluki sebagai air terjun abadi, karena memang sepanjang waktu, air terjun ini tidak pernah berhenti mencurahkan tirai - tirai airmya yang halus serupa curahan air hujan.

Masuklah ke dalam ruang yang memiliki ketinggian 200 meter  ini, dan saksikan pesona sinar matahari yang menyorot lumut hijau yang ada di dinding - dinding berbatu tersebut, suasana di dalam sini sangat menenangkan dengan disertai suara gemricik air.

Selintas memang Air Terjun Madakaripura menampakan kesan mistis. Air Terjun Madakaripura ini diyakini Masyarakat lokal sebagai Air Terjun tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit, dan konon katanya sumber kekuatan Patih  Gajah Mada yang sakti mandraguna itu biasa berasal dari dalam gua di dekat Air Terjun Madakaripura tersebut.

5. Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur
Goa Gong Pacitan
Goa Gong Pacitan 
Goa Gong yaitu merupakan sebuah gua yang cukup dalam diantara gugusan gua-gua yang ada di sekelilingnya. Goa Gong sangat terkenal dari sejumlah tempat wisata lain di Pacitan. . Gua Gong berlokasi di Desa Bomo, pacitan Jawa Timur.

Selain dari keindahan bentuk stalaktit dan stalagmitnya, keunikan lain yang ada di Gua Gong ini adalah karena stalaktit dan stalakmitnya bisa berbunyi seperti gong ketika dipukul, oleh karena itu di sebut dengan Gua Gong

Dahulu gua ini dianggap angker karena seringnya terdengar suara gamelan, dan terdengar juga suara gong dari dalam gua. Gua Gong ini berbentuk horizontal, jadi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sangat mudah untuk menelusuri gua ini.

Gua Gong hanya memiliki satu akses pintu masuk yang sekaligus senagai pintu keluar. Walau gua ini sangat ramai pengunjung, namun kalaian tidak perlu hawatir jika ingin berkunjung ke seni, karena Fasilitas yang dibangun sudah memberi kemudahan dan juga kenyamanan pengunjungnya.

6. Pantai Plengkung di Banyuwangi

Pantai Plengkung adalah sebagai salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur yang juga telah mendunia.
Pantai Plengkung di Banyuwangi
Pantai Plengkung di Banyuwangi
Pantai Plengkung Banyuwangi mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder. Pantai Plengkung Jawa timur begitu disukai para peselancar kelas dunia karena memiliki karakter yang unik yaitu tujuh gulungan ombak hingga mencapai ketinggian 6 meter.

Banyak wisatawan asing yang habis wisata ke Bali, da lalu berkunjung ke pantai ini untuk melakukan Surfing karena penasaran dengan ganasnya gelombang laut di sini . Pantai Plengkung di Banyuwangi ini adalah termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi.

7. Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah 
Mengapa tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini dinamakan sebagai pulau pantai merah, yaitu karena sebab pantai ini memiliki tanah yang berwarna merah dengan paduan pasir putih sepanjang 3 km yang mempesona. Selain itu pulau ini mempunyai keunikan yaitu adanya gundukan bukit dan di tempat inilah yang menjadi spot foto favorit pengunjung.

Selain pantai Plengkung, pantai ini juga merupakan tempat surfing yang menarik di Banyuwangi. Di Pantai Pulau Merah ini ketinggian gelombang bisa mencapai  4-5 meter, dan merupakan sebuah tempat yang ideal untuk kegiatan berselancar . Selain itu panorama sunset yang memikat juga menjadi salah satu daya tarik di pulau merah banyuwangi ini.

Baca Juga [ 10 Tempat Wisata Populer di Indonesia selain Bali ]

8. Pulau Sempu, Pantai Sendang Biru, Malang Jawa Timur
Pulau Sempu, Pantai Sendang Biru, Malang
Laguna Segara Anakan, foto IG evantiodore
Pulau Sempu di Malang Jawa Timur ini memiliki daya tarik yang mempesona bernama Laguna Segara Anakan, yaitu sebuah pantai di dalam pulau dengan hamparan pasir putih seluas 4 hektar. Air lautnya yang dipisahkan oleh bebatuan karang juga menjadikan ke unikan tersendiri Pulau Sempu.

Melakukan trekking dan penjelajahan di kawasan Pulau Sempu ini adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan, selain itu kalian juga dapat berkemah di tempat ini

Pulau Sempu di Malang Jawa Timur ini sesungguhnya adalah kawasan konservasi, bukan sebuah tempat wisata. Jadi jika kalian ingin melihat keunikan pulau ini, harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari instansi yang berwenang di Pulau Sempu ini.

9. Pantai tiga warna Malang selatan, Jawa Timur
Pantai 3 warna Malang Selatan
Pantai 3 warna 
Pantai tiga warna di Malang Jawa Timur saat ini memang sedang hits dan instagramable. Pantai ini, bukan hanya dari namanya saja yang membuat banyak penasaran, namun pantai ini memang benar-benar mempunyai tiga warna air yang berbeda.

Pantai Tiga Warna Malang, saat ini sangat populer bagi banyak wisatawan lokal maupun luar kota yang berkunjung ke malang. Tentunya kalian tak mau kelewatan dong dengan pantai yang lagi banyak diperbincangkan ini.

Dari namanya sendiri pantai ini memang telah membuat banyak orang penasaran, apalagi jika sudah menyaksikan keindahannya, dijamin bisa membuat kalian betah dan ketagihan untuk datang lagi.

10. Pantai Klayar di Pacitan Jawa Timur
Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur
Pantai Klayar Foto IG mujibforward
Pantai Klayar lokasinya ada di Kecamatan Donorojo, Pacitan, merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada saat musim libur tiba atau hari libur.

Pantai Klayar memiliki pesona hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, lalu ada karang bolong, dan seruling laut, dan yang paling unik dari Pantai Klayar ini adalah adanya air mancur alami dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Pantai Klayar diapit oleh tebing-tebing yang tinggi dan tersedia menara pandang bagi kalian yang ingin menikmatike unikan pantai ini dari ketinggian. Berada di pantai ini, kalian akan menjumpai banyak karang dan juga batuan gunung . Kalian dapat bebas bermain-main air laut di bibir pantai, namun disarankan tidak untuk berenang.

Terimakasih telah membaca artikel √ 10 Tempat Wisata Alam Jawa Timur yang sering dikunjungi. Silahkan boleh di Share | Cayo Indonesia.
Smile Reaction

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dan link url ( mati / hidup ) tidak akan dipublish
3. Cara menambah komentar dengan emoticon tinggal copy kode yang
ada di bawah emoticonya. Terimakasih atas kunjunganya.

EmoticonEmoticon