Informasi resmi UN dan USBN termasuk kisi - kisi Soal

Pemerintah memandang memang begitu beratnya beban yang harus di emban oleh siswa-siswi guna untuk dapat mempelajari seluruh mata pelajaran yang pada nantinya akan diujikan. Karena hal itulah mungkin melalui situs resminya, Pemerintah memandang perlunya berbagi kisi-kisi soal UN dan USBN yang dikeluarkan dan diperbaharui secara resmi oleh kemdikbud dan bisa di unduh/download secara lengkap dan mudah lewat Smartphone ataupun PC dalam format pdf  di google drive.

kisi - kisi soal UN dan USBN
kisi - kisi soal UN dan USBN
Daftar informasi tentang Kisi kisi Soal UN dan USBN adalah sebagai bentuk persiapkan dini agar Siswa - siswi tetap semangat belajar dengan giat.

Kisi-kisi Soal 
Yang di maksut dengan Kisi-kisi soal adalah merupakan sebuah kerangka dasar yang dibuat guna untuk tindak lanjuti dalam penyusunan soal - soal ujian. Kisi-kisi soal tersebut disusun dengan tujuan yaitu untuk memberi gambaran mengenai bentuk - bentuk soal dan juga materi yang akan diujikan.

Nah dengan adanya kisi-kisi soal tersebut, maka diharapkan akan terciptanya standar kompetensi kelulusan (SKL) yang sesuai dengan sasaran Pemerintah.

Ujian Nasional
Ujian Nasional adalah merupakan kegiatan evaluasi dan juga pembelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan di Indonesia mulai dari jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB di setip akhir tahun pelajaran.

Kegitan evaluasi belajar tersebut dibuat berdasarkan dengan peraturan pemerintah guna untuk mengukur kemampuan siswa - siiswi diseluruh Indonesia berdasarkan dengan SKL yang telah ditetapkan.

Rangkaian jenis ujian akhir tahun tersebut antara lain, yaitu

  1. Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN); 
  2. Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan dengan 2 sistem pilihan yaitu: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP)
  3. Ujian Praktek Sekolah sesuai dengan kebijakan satuan pendidikan
  4. Ujian Akhir Ma’arif NU (UAMNU) bagi sekloah dalam naungan Lembaga Ma’arif.
Pelajaran - pelajaran yang diujikan dari masing-masing jenis ujian di atas adalah sebagai berikut

  • Ujian Sekolah (US) - Seluruh mata pelajaran di sekolah kecuali mapel di USBN
  • Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) - SMP/MTs : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, IPS, dan PKn; SMA/MA : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKn, dan Mapel sesuai program dan peminatan; SMK : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKn, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
  • Ujian Nasional (UN) - SMP/MTs : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); SMA/MA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mapel Pilihan sesuai program dan peminatan; SMK : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mapel Pilihan sesuai program dan peminatan
  • Ujian Praktek Sekolah - mencakup mata pelajaran ujian praktek sesuai dengan kebijakan sekolah satuan pendidikan masing-masing
  • Ujian Akhir Ma’arif Nahdlotul Ulama (UAMNU) - Seluruh mata pelajaran di sekolah
Nah Itulah sedikit gambaran mengenai jenis mata pelajaran yang akan diujikan pada setiap jenis kegiatan ujian yang akan dilaksanakan di tiap akhir tahun pelajaran yaitu untuk siswa-siswi yang sudah duduk di bangku kelas akhir.

Informasi resmi 
Untuk informasi lebih lengkap tentang UN dan USBN termasuk didalamnya tentang kisi - kisi soal UN dan USBN kalian bisa melihat lewat web resmi yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Unduh kisi - kisi soal resmi UN dan USBN di kemdikbud.go.id

Update Informasi resmi UN dan USBN bisa dilihat di situs resmi di bawah ini
http://bsnp-indonesia.org/
https://ubk.kemdikbud.go.id/

Soal - soal UNBK 2019 adalah merupakan dokumen negara yang akan digunakan sebagai pengukur kemampuan siswa di seluruh Indonesia dengan jujur dan adil. Dimana nantinya Hasil Ujian Nasional tersebut akan digunakan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu satuan pendidikan di Indonesia, baik di Kota - kota besar maupun sekolah - sekolah yang ada di pelosok Desa.

Perlu di ketahui bahwasanya bocoran soal - soal UN, UNBK tahun 2019 tidak mungkin dan bisa disebarluaskan secara umum di internet oleh siapa saja.

Namun BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan) bersama Kemdikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) telah mengeluarkan surat edaran nomor 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017 yang berisi kisi-kisi UN dan USBN TP. 2017/2018. Tentu saja dengan adanya kisi-kisi tersebut merupakan bocoran soal kecil, karena sejatinya kisi - kisi soal tersebut adalah bagian dari kerangka materi hujian sesuai SKL (Standar Kompetensi Lulusan) pendidikan nasional. Maka dari itu jika Kalian ingin sukses rajinlah belajar dan kurangi kegiatan yang  unfaedah.

Seorang Guru besar juga tokoh Pendidikan "William Arthur Ward" berkata, bahwasanya untuk mencapai ke suksesan hanya ada satu caranya yaitu belajar.

"Belajarlah selagi yang lain sedang tidur. Bekerjalah selagi yang lain sedang bermalas-malasan. Bersiap-siaplah selagi yang lain sedang bermain dan bermimpilah selagi yang lain sedang berharap." William Arthur Ward

Demikian semoga, Informasi resmi UN dan USBN termasuk Kisi kisi Soal bermanfaat untuk Kalian.

Terimakasih telah membaca artikel Informasi resmi UN dan USBN termasuk kisi - kisi Soal. Silahkan boleh di Share.
ads

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon