Makna lagu Cublak-cublak Suweng [ Jawa Timur ]

Lagu Cublak-cublak suweng adalah lagu permainan tradisional Indonesia yang biasa dimainkan Anak-anak jaman dulu ketika sore hari ataupun sepulang sekolah. Permainan Cublak-cublak suweng ini biasanya dimainkan antara 3 sampai 8 orang pemain.
Makna lagu Cublak-cublak Suweng  Jawa Timur
 lagu Cublak-cublak Suweng
Lagu daerah Cublak-cublak suweng yang berasal dari daerah Jawa timuran ini sangat dikenal dan sudah sangat mengakar terutama di tanah Jawa.

Permainan Cublak-cublak suweng sendiri diawali dengan hompimpa untuk menentukan siapa pemain yang nantinya berperan menjadi Pak Empo. Pak Empo ini nantinya yang akan duduk telungkup di tengah para pemain. Lalu kemudian pemain yang lainya bersama - sama menyanyikan lagu “Cublak-cublak Suweng Suwenge teng gelenter...” mereka sambil menggilir biji kerikil di atas punggung si Pak Empo. Nah setelah lagunya selesai, Pak Empo ini akan diminta untuk menebak siapa yang terakhir kali menggenggam kerikil yang tadi digilir.

Lagu daerah berjudul Cublak-cublak suweng yang berasal dari jawa timur ini karya dari Sunan Giri yang konon katanya sengaja diciptakan untuk mengajarkan agama Islam kepada anak - anak . Lagu  Cublak-cublak suweng ini memiliki makna tentang kebahagian sejati dan hawa nafsu.

Baca juga [  Makna Lagu /Tembang Lir-ilir dari Jawa Tengah ]

Makna lirik lagu daerah berjudul Cublak-cublak suweng yang berasal dari Jawa timur

1. Cublak-cublak suweng

Cublak Suweng artinya adalah tempat Suweng. Suweng ialah anting untuk perhiasan wanita Jawa. Jadi arti kata Cublak-cublak suweng adalah diartikan sebagai ada tempat harta berharga, yaitu Suweng (Suwung, Sepi, Sejati) atau harta sejati.

2. Suwenge teng gelenter

Suwenge Teng Gelenter yang artinya adalah suweng yang berserakan. Jadi bisa diartikan bahwa Harta sejati itu adalah berupa kebahagiaan sejati yang sebenarnya sudah ada berserakan di sekitar manusia.

3. Mambu ketundhung gudel

Mambu artinya baunya dan Ketundhung berarti dituju dan Gudel adalah anak Kerbau. Jadi arti kata Mambu ketundhung gudel itu yaitu banyak orang berusaha mencari harta sejati itu. Bahkan orang-orang bodoh yang diibaratkan Gudel tersebut mencari harta itu dengan penuh nafsu egonya, korupsi dan keserakahan, untuk tujuan kebahagiaan sejati.

4. Pak empo lera-lere

Pak empo (bapak ompong) Lera-lere artinya menoleh kanan dan kekiri. Jadi makna arti dari Pak empo lera-lere adalah berarti Orang-orang bodoh itu mirip orang tua ompong yang sedang kebingungan. Walaupun meskipun hartanya melimpah, namun ternyata itu harta palsu, bukan Harta Sejati atau kebahagiaan sejati. Mereka kebingungan karena dikuasai oleh hawa nafsu keserakahannya itu sendiri.

5. Sopo ngguyu ndhelikake

Sopo ngguyu artinya siapa tertawa, Ndhelikake (dia yg menyembunyikan). Jadi makna dari Sopo ngguyu ndhelikake adalah menggambarkan bahwa barang siapa yang bijaksana, maka dialah yang akan menemukan tempat Harta Sejati atau kebahagian sejati. Dia adalah orang - orang yang tersenyum-sumeleh dalam menjalani setiap bagian dari kehidupanya sekalipun Ia berada di tengah-tengah kehidupan orang-orang yang serakah.

6. Sir-sir pong dele kopong

Sir adalah hati nurani dan pong dele kopong artinya kedelai kosong tanpa isi. Jadi makna kata Sir-sir pong dele kopong ini artinya bahwa di dalam hati nurani yang kosong yaitu bahwa untuk sampai kepada tempat Harta Sejati (Cublak Suweng) atau kebahagiaan sejati, orang harus bisa melepaskan diri dari kecintaan pada harta benda duniawi, mengosongkan diri, rendah hati, tidak merendahkan sesama, serta senantiasa memakai rasa dan mengasah tajam Sir-nya / hati nuraninya.


Kesimpulan Makna lirik lagu Cublak-cublak Suweng

Bahwa untuk mencari kebahagiaan dalam hidup janganlah terlalu menuruti hawa nafsu,
Tetapi gunakanlah hati nurani dan kesadaran diri.

Turuti kata hati dan ikuti langkah kaki. Melangkah dengan tenang dan tanpa beban fikiran, Niscaya Tuhan akan menunjukan jalan menuju keberhasilan yang abadi. Demikian makna lagu Cublak-cublak Suweng, semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel √ Makna lagu Cublak-cublak Suweng [ Jawa Timur ]. Silahkan boleh di Share | Cayo Indonesia.
Smile Reaction

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dan link url ( mati / hidup ) tidak akan dipublish
3. Cara menambah komentar dengan emoticon tinggal copy kode yang
ada di bawah emoticonya. Terimakasih atas kunjunganya.

EmoticonEmoticon