Top 10 Wisata alam populer di Batang Jawa Tengah

Kota Batang adalah merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah dan bertetanggaan dengan Pekalongan. Konon katanya nama asal usul Kota Batang berwal dari cerita pada zaman kerajaan Mataram, dahulu kala ada batang kayu besar yang menghalangi aliran air saat itu, dan ketika itu tidak ada satu orangpun yang bisa mengangkatnya hingga akhirnya Tumenggung Bahurekso berhasil mengangkat dan memindahkan batang kayu yang menghalangi aliran sungai tersebut hingga tersebutlah nama kota Batang. nama “batang” berasal dari dua kata yaitu ngembat dan watang  yang artinya mengangkat batang kayu.

Kabupaten Batang  posisi tepatnya terletak diantara kota Pekalongan dan juga kabupaten Kendal. Memang Kebanyakan orang-orang lebih kenal kota Pekalongan dari pada Batang. Meskipun jarang yang mengenal kabupaten ini, tapi keindahan alamnya sangat mempesona . Batang  memiliki tempat-tempat wisata alam  yang indah. Kalain penasaran dengan tempat – tempat wisata alam di Kabupaten batang jawatengah, baiklah langsung saja berikut adalah 10 tempat wisata alam yang eksotis di Batang Jawa tengah

10 Tempat Wisata alam populer di Batang Jawa Tengah

1. Agrowisata kebun teh Pagilaran
agrowisata kebun teh pagilaran
agrowisata kebun teh pagilaran
Agrowisata kebun teh Pagilaran lokasinya berada di kecamatan Blado, di tempat wisata ini, kalian dapat menikmati  suguhan hamparan luas bukit kebun teh sembari menikmati minum teh asli pagilaran yang rasa dan aromanya sangat menggoda . Selain itu ada beberapa wahana permainan lainya seperti Flying fox, jembatan gantung dan lain sebagainya

2. Pantai Jodo
pantai jodo batang
pantai jodo 
Pantai jodo ini terletak di kecamatan Batang yaitu tepatnya berada di desa Sidorejo, kecamatan Gringsing, kabupaten Batang, Jawa Tengah. Pantai jodo memiliki keunikan yang tidak terdapat di pantai - pantai lain, yaitu adanya jalur perlintasan rel kereta api yang membentang persis berada di dekat bibir pantai.

3. Pantai Ujung Negoro
Pantai Ujung Negoro
Pantai Ujung Negoro
Pantai ujung negoro ini merupakan salah satu pantai yang indah yang ada di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Pantai ujung negoro lokasi tepatnya berada di Desa Ujung Negoro kecamatan Tulis kabupaten Batang Jawa tengah. Saat kalian mengunjungi pantai ujung negoro ini maka akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang indah dan memanjakan mata.

Hamparan pasir laut dan juga panorama alam berupa bentangan tebing yang cukup tinggi menambah kesan eksotis tersendiri dari pantai ujung negoro. Kalian juga bisa naik ke atas tebih untuk menikmati sensasi pemandangan laut dari atas tebing.

Selain menawarkan wisata alam yang memanjakan mata, di pantai jodo juga kalian bisa menikmati wisata budaya, karena sisi lain pantai ini menyimpan peninggalan sejarah, yaitu terdapatnya Gua Aswatama dan juga pemakaman Syeh Maulana Maghribi. Syeh Maulana Maghribi ini diyakini sebagai penyebar aajaran Islam di daerah batang dan sekitarnya.

4. Pantai Sigandu Dolphins Center Batang.
Batang Dolphin Center Pantai Sigandu
Batang Dolphin Center Pantai Sigandu
Salah satu tempat wisata yang menjadi uggulan Kabupaten di Batang lainya adalah pantai sigandu. Banyak yangmeyakini bahwa keindahan yang paling utama di pantai sigandu ini adalah sunrisenya yang menawan. Di Pantai Sigandu ini tempat yang cocok untuk berburu foto berlatar sunrise sebagai koleksi foto instagram kalian.

Keindahan Pantai Sigandu di Batang ini terasa begitu lengkap setelah hadirnya Dolphins Center Batang. Dolphins Center Batang yaitu merupakan fasilitas yang disediakan oleh Taman Safari Indonesia. Dolphins Center Batang ini merupakan tempat pelatihan dan sekaligus sebagai arena pertunjukan atraksi ikan lumba-lumba seperti di Ancol.

5. Pantai Kuripan
pantai kuripan batang
pantai kuripan
Pantai kuripan teletak dikecamatan Subah batang, Lokasinya dekat dengan stasiun kereta api kuripan Subah. Jika kalian dari perempatan Pasar Subah ambil saja ke arah utara terus, pokoknya kalau belum melewati rel kereta api jangan berhenti terus saja pasti sampai ke Pantai Kuripan Subah Batang. Jalan menuju ke pantai kuripan sangat menyenangkan karena jalannya naik turun berkelok dengan pemandangan perbukitan yang masih asri.

Pantai Kuripan Subah Batang Jawa Tengah ini memiliki pesona keindahan yang tak kalah dengan pantai lainya yang ada di batang. Katanya pantai ini masih sedikit masyarakt yang mengetahuinya jadi masih terjaga kebersihanya cocok untuk kalian yang ingin menenangkan diri menikmati alam pantai.

6. Jembatan Buntu Sengon Subah Batang 
Jembatan Buntu Sengon subah batang
Jembatan Buntu Sengon subah batang
Wisata Jembatan Buntu Sengon di Subah batang ini terletak di Desa Sengon, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Walaupun terletak jauh di pedesaan dan juga jauh dari hiruk pikuk keramaian kota, namun setiap akhir pekan Wisata Jembatan Buntu Sengon Subah ini ramai dikunjungi wisatawan untuk sekedar menikmati udara sejuk dan juga ber foto - foto.

7. Curug Genting Batang
jurug genting batang
jurug genting batang
Wisata Curug genting ini terletak dikecamatan Blado. Curug ini terasa berbeda dengan yang lain karena lokasinya yang dikelilingi oleh pepohon pinus. Curug Genting adalah merupakan air terjun yang terdapat di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Curug ini memiliki ketinggian sekitaran 40 meter, serta di sekitar lokasi air terjun dikelilingi oleh pohon pinus yang membuat udara sangat sejuk dan sayang untuk di lewatkan jika kalian sedang berada di batang dan sekitarnya.

8. Telaga Sedringo Batang
Telaga Sedringo Batang-
Telaga Sedringo
Telaga Sedringo menyuguhkan pemandangan sebuah telaga atau danau yang luas dan sangat indah yang lokasinya terletak di desa Gerlang batang jawa tengah. Telaga Dringo ini juga masuk dalam wilayah dataran tinggi Dieng. Konon mama Dringo ini diambil dari tumbuhan yang juga tumbuh di sekitar telaga ini. Telaga dringgo berada pada ketinggian 2.222 mdp seperti danau Ranukumbolo di gunung semeru.

Konon katanya telaga dringgo ini terbentuk dari letusan kawah dieng tahun 1786 yang membentuk cekungan dan lalu kemudian terisi air hujan hingga menjadi telaga yang sangat yang sangat ddan mempesona seperti sekarang ini. Selain untuk tempat berkemah di telaga ini juga banyak aktifitas memancing karena memang di telaga ini terdapat banyak ikanya.

Baca juga : [ Top 10 Wisata alam Pekalongan, Jawa Tengah ]

9. Air Terjun Siwungkal
Air Terjun Siwungkal batang
Air Terjun Siwungkal batang
Curug siwungkal memang lokasinya  tersembunyi karena berada dibawah perbukitan di desa Purbo kecamatan Bawang yang  memang jarang didatangi oleh masyarakat. Air terjun ini jatuhan arusnya cukup deras, dengan air yang jernih dan segar yang dibawah air tejun ini banyak terdapat batu-batu yang ukurannya besar. Air Terjun Siwungkal memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Tempat ini dinamai curug Siwungkal karena di curug ini memang banyak terdapat batu - batu yang Tinggi dan juga besar (wungkal )

10. Curug Gombong
jurug gombong batang
jurug gombong batang
Jurug Gombong batang lokasi tepatnya ada di Desa Gombong, Kecamatan Pacalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dari jalur pantura untuk menuju jurug gombong memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan sepeda motor, lewat Subah.

Curug Gombong ini memiliki dua air terjun, yaitu Curug Lanang (laki-laki) dan juga Curug Wadon (perempuan). Curug Lanang lokasinya ada diatas Curug Wadon. Disebut Curug Wadon memang ada batuan yang mirip wanita.

Di Curug Wadon kalian bisa berendam di dekat bebatuan, tetapi dilarang keras untuk berenang di air terjun, karena jurug ini sangat dalam dan berbahaya.
Berbeda dengan Curug Wadon, Curug Lanang yang tingginya hanya lima meter ini lebih ramah untuk berenang.
jurug wadon gombong
jurug gombong
Kalian bisa mengunjungi keduanya, namun untuk sekarang ini akses ke Curug Wadon lebih rapi karena sudah ada tangga dengan pegangan besi. Sedangkan untuk jalan ke Curug Lanang, kondisi jalanya masih banyak tanah dan bebatuanya jadi kalian tetap harus waspada karena licin. Fasilitas yang ada di Curug Gomong cukup komplet mulai dari parkiran, toilet, mushala, dan hingga warung – warung jajanan.

Bagaimana apakah kalian penasaran dengan kabupaten batang, jika Kalian sedang berkunung ke Pekalongan, Kudus ataupun Pemalang jangan lupa mampir di kabupaten Batang untuk menikmati wisata alam di batang jawa tengah. Semoga bermanfaat. 

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon