Trek jalur Pendakian Gunung Soputan Sulut

Gunung Soputan ini adalah merupakan salah satu gunung api yang masih aktif berada di Sulawesi Utara Indonesia. Gunung Soputan ini ketinggianya 1.784 Mdpl dan juga merupakan salah gunung faforit para pendaki di Sulut.  Gunung Soputan secara geografis berada di wilayah kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa Tenggara Sulut.

Pendakian Gunung Soputan Sulut
Gunung Soputan
Gunung Soputan menyimpan keindahan alam yang mempesona sehingga tak heran setiap akhir pekanya atau waktu libur panjang juga di hari biasa banyak para pendaki yang menjejakkan kakinya untuk melihat puncak gunung ini. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa untuk bisa menuju ke puncak Gunung Soputan, diantara yaitu melalui desa Pinabetengan kecamatan Tompaso.

Baca juga [ Jalur Pendakian Gunung Latimojong Sulawesi Selatan ]

Rute perjalanan menuju gunung soputan, yaitu dari pusat kota kemudian naik kendaraan umum (angkot) turun di terminal Karombasan. Kemudian dari terminal Karombasan bisa naik bis dengan jurusan Tompaso. Setelah sampai di Tompaso, selanjutnya bisa berjalan kaki menuju ke pos pendakian gunung soputan di desa Pinabetengan.

Jalur Pendakian Gunung Soputan Sulawesi Utara

Ada beberapa jalur pendakian untuk bisa menuju puncak Gunung Soputan, di antara yang paling dikenal adalah jalur patah hati dan jalan roda, yang tentunya kedua jalur pendakian tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing - masing.

Jalur pendakian Jalan roda adalah merupakan pilihan yang tepat untuk pendaki pemula. Jalan roda treknya cukup landai sehingga tidak terlalu menyulitkan bagi pendaki pemula. Namun Jalur pendakian Jalan roda ini memiliki Kekurangan yaitu ketika para pendaki melewati jalur ini otomatis jarak tempuhnya agak lebih jauh dari pada jalur patah hati.

Jalur pendakian patah hati adalah jalur terdekat untuk menuju ke puncak gunung soputan. Namun jalur patah hati ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih sulit dari pada jalur roda.

Jalur roda cukup terjal dengan kondisi tebingnya yang lumayan curam yang jika musim hujan  terkadang treknya jadi licin yang tentunya agak menyulitkan, terutama untuk pendaki pemula..

Gunung Soputan memiliki sumber mata air bersih yang sangat layak untuk dikonsumsi, namun kalian tetap harus hati - hati karena tidak semua sungai dan mata air yang mengalir di gunung Soputan dapat dikonsumsi karena sebagian airnya ada yang bercampur dengan aliran belerang. Demikian trek Jalur Pendakian Gunung Soputan Sulawesi Utara, semoga bermanfaat.

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon