Keren Dana Desa digunakan untuk bangun Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Sepakbola adalah merupakan olahraga favorit sebagian besar Masyarakat Indonesia, maka tak heran jika Timnas Indonesia mendapat banyak dukungan jika bertanding baik yang langsung mendukung distadion ataupun lewat layar kaca telivisi. Namun sayangnya prestasi Sepakbola Indonesia baik Timnas ataupun klub - klub Indonesia belum mampu untuk berprestasi baik ditingkat asia tenggara atupun level asia dan melihat kinerja PSSI saat ini, nampaknya untuk menatap prestasi Dunia masih jauh dari harapan.
Lapangan Desa Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat
Lapangan Desa Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat
Berbicara tetang sepakbola pasti berkaitan dengan lapangan sepak bola, karena prestasi sepakbola berawal dari lapangan sepakbola yang memadai untuk melahirkan bibit - bibit unggul pemain bola handal yang nantinya akan menghuni skuat timnas Indonesia dan klub - klub di Indonesia yang syukur - syukur bisa ke luar negeri.

Umumnya kondisi lapangan sepakbola di Indonesia khususnya di desa terbilang kondisinya sangat seadanya dengan rumput alami yang terkadang tidak teratur panjang pendeknya, lalu ada pula yang sebaliknya, tak ada rumput dengan permukaaan tidak rata dan berdebu.

Dana Desa digunakan untuk bangun Lapangan Sepak Bola Standar Internasional 
Lapangan Sepak Bola Desa dengan Standar Internasional
Lapangan Sepak Bola Desa dengan Standar Internasional
Pemerintahan Desa Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat sengaja menyulap lapangan desa yang biasa saja menjadi lapangan sepakbola dengan rumput berkelas yang berstandar FIFA. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu perwujudan dari program Nawacita ‘Ayo Bangun Desa’ melalui sektor olahraga yaitu dengan membangun sarana olahraga di tiap desa.

Dana pembangunan lapangan desa berstandar internasional seluruhnya berasal dari pemerintah desa.

“Pembangunan sarana olahraga desa ini sesuai dengan Permendes Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Dana Desa Tahun 2018. (Pembangunannya pun sudah) disetujui oleh semua unsur masyarakat,” ucap Yudi Cahyudin, Kepala Desa Cisayong seperti dikutip dari halaman brilio.net Selasa (16/10/2018). 

Baca juga [ 11 Stadion Sepak bola termegah saat ini yang ada di Indonesia]

Sumber dana untuk pembangunan lapangan ini berasal dari dana desa 2018 dan juga dari bantuan keuangan pemerintah provinsi. Total hingga saat ini, untuk pembangunan TPT lapangan, perataan tanah, drainase, water sprinkle system, pasir dan juga pembuatan pagar seluruhnya telah menelan biaya sebesar Rp 1,4 miliar.

Untuk biaya perawatan lapanganyang  diberi nama Lapangan Bola Lodaya Sakti ini , pemerintah desa mengalokasikan dana sebesar Rp 5 juta per bulannya yang pembagianya meliputi biaya listrik, penyiraman, pemotongan, dan juga pemupukan rumput.

Yudi Cahyudin, Kepala Desa Cisayong menuturkan bahwa untuk proses pembangunan lapanganya sendiri masih akan terus berlanjut untuk beberapa waktu ke depan yang nantinya akan juga dibuat jogging track dan juga tribun untuk penonton.

Video Lapangan Sepak Bola Standar Internasional Desa Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat


Lapangan ini disewakan untuk masyarakat umum dengan biaya satu kali main Rp 500 ribu, dan untuk urusan sewa-menyewa diurus oleh BUMDes Sakti Lodaya.  Sementara untuk pembinaan generasi muda, baik sekolah sepak bola atau event tournament liga yang di selenggarakan didesa Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat ini akan diurus oleh Sakti Lodaya Foundation.

Respect buat Kades yang menggunakan dana desa dengan baik. Membangun lapangan desa bertaraf internnasional menurut Saya adalah ide cemerlang, karena lapangan sepakbola yang bagus akan menciptakan banyak peluang untuk generasi sepakbola indonesia. Syukur - syukur lahir pemain dunia dari sini yang membawa nama harum Indonesia dan juga desa kelahiranya.

Selain itu dengan menyewakan lapangan dan banyak turnamen pemasukan desapun bertambah.  Mungkin saja pada nantinya lapangan desa Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat ini bisa dilirik untuk alternatif lapangan latihan Timnas Indonesia yang otomatis akan juga membuat desanya menjadi terkenal dan perekonomian rakyatnya juga akan ikut meningkat seiring makin dikenal desanya. 

Terimakasih telah membaca artikel √ Keren Dana Desa digunakan untuk bangun Lapangan Sepak Bola Standar Internasional . Silahkan boleh di Share | Cayo Indonesia.
Smile Reaction

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dan link url ( mati / hidup ) tidak akan dipublish
3. Cara menambah komentar dengan emoticon tinggal copy kode yang
ada di bawah emoticonya. Terimakasih atas kunjunganya.

EmoticonEmoticon