KRI Rigel 933 Kapal Tercanggih di Asia milik Indonesia

KRI Rigel 933 adalah Kapal canggih milik TNI Angkatan Laut Indonesia dengan nomor lambung 933. Kapal ini adalah kapal perang jenis bantu hidrooseanografi (BHO) yang dilengkapi dengan serangkaian teknologi terbaru dalam pemetaan bawah laut.
gambar KRI Rigel 933
Gambar KRI Rigel 933 
KRI Rigel (933) dibuat atas dasar kontrak pengadaan kapal BHO yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan OCEA Perancis yang kontrak kerjanya disepakati pada tahun 2013 silam. Nilai kontrak pembuatan kapal KRI Rigel 933 mencapai Rp 564 miliar.

KRI Rigel (933) yang merupakan kapal tercanggih di asia ini seluruh pembuatanya di kerjakan di galangan OCEA, Les Sables-d'Olonne, Perancis dan di serah terimakan pada tanggal 11 maret 2015 melalui serangkaian upacara.

Upacara serah terima, penyambutan, dan sekaligus pemberian nama kapal tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan juga didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi. Rangkaian upacara tersebut di gelar sebagai tanda bahwa kapal itu telah resmi masuk ke dalam jajaran alutsista TNI AL.

Dipilihnya nama KRI Rigel (933) 

Rigel adalah merupakan salah satu bintang yang mempunyai sinar paling terang di rasi bintang Orion atau dikenal dengan nama rasi bintang Lintang Waluku. Banyak harapan yang terpancar dari pemilihan nama KRI Rigel 933 ini, diantaranya nantinya diharapkan KRI Rigel 933 mampu untuk memberikan terang dan menambahkan pengetahuan kepada khalayak luas yang terkait dengan kekayaan bawah laut Indonesia.

Teknologi Canggih yang ada di KRI Rigel 933
Teknologi Canggih KRI Rigel 933
Teknologi Canggih KRI Rigel 933
Data Umum 

  • Nama : KRI Rigel (933)
  • Dipesan : Tanggal 1 Agustus 2012
  • Buatan : OCEA, Les Sables-d'Olonne, Prancis
  • Pasang Lunas : Oktober 2013
  • Diluncurkan : Tanggal 11 Desember 2014
  • Ditugaskan : Tanggal 11 Maret 2015
  • Identifikasi : 933
  • Status : Masih aktif bertugas
KRI Rigel 933 kapal perang jenis bantu hidrooseanografi (BHO) ini terbuat dari bahan aluminium dengan bobot kapal 560 ton, mempunyai dimensi panjang 60,1 meter dan lebar kapal 11,5 meter.

Kapal ini memiliki autonomous underwater vehicle (AUV) yaitu alat yang mampu melakukan pencitraan di bawah laut hingga kedalaman 1.000 meter dan kemudian mengirimkan data yang diperoleh secara periodik ke kapal utama.

Kapal juga memiliki Remotely operated vehicle (ROV) yang merupakan robot bawah air dengan dilengkapi kamera, sehingga robot ini mampu memberikan informasi visual kondisi keadaan nyata di dalam laut. Dengan alat canggih ROV ini, KRI Rigel 933 dapat mengambil contoh material dari dasar laut yang kemudian di jadikan bahan untuk penelitian.

Dengan segala teknologi canggih yang di miliki KRI Rigel 933, kapal ini juga sering digunakan dalam upaya evakuasi juga pencarian pesawat yang jatuh di lautan seperti yang dilakukanya saat pencarian pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat hari Senin (29/10/2018).

Baca juga [ Sejarah KRI Dewaruci ]

Alat canggih lainnya yang ada di KRI Rigel 933 adalah SSS (side scan sonar), echosounder multibeam, singlebeam laut dalam, peralatan CTD (conductivity temperature and depth), gravity corer, serta dilengkapi juga dengan laboratorium dan kemampuan survei perairan.

Sebagai kapal perang, KRI Rigel 933 juga melengkapi dirinya dengan persenjataan canggih seperti mitraliur kaliber 20 mm dan juga kaliber 12,7 mm, yang masing-masing ada di sisi lambung kiri dan kanan kapal.

Dengan persenjataan yang dimilikinya memungkinkan KRI Rigel 933 untuk melakukan operasi perang dan juga sebagai Kapal patroli keamanan laut, selain tugas utamanya yaitu sebagai kapal survei bawah laut. Selain KRI Rigel 933 ada juga kakaknya yaitu kapal KRI Dewa Kembar 932 yang sudah lebih dulu bertugas melakukan misi pemetaan bawah laut Indonesia.

Terimakasih telah membaca artikel KRI Rigel 933 Kapal Tercanggih di Asia milik Indonesia . Silahkan boleh di Share.
ads

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dengan link url ( mati / hidup ) tidak akan di publish
3. Terimakasih atas kunjunganya
EmoticonEmoticon