Makna mendalam Lirik Lagu mengheningkan cipta

Lagu mengheningkan cipta ciptaan dari T. Prawit biasanya dikumandangkan setelah perintah mengheningkan cipta "Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan  yang telah gugur mendahului Kita, marilah sejenak kita mengheningkan cipta mendoakan arwah para pahlawan…, mengheningkan cipta dimulai."

Begitulah kira - kira isi dari perintah mengheningkan cipta yang masih rutin di selenggarakan saat upacara bendera hari senin ataupun upacara peringatan 17 Agustus, hari pahlawan, dan juga pada upacara - upacara peringatan hari - hari bersejarah Indonesia lainya.

Lagu mengheningkan cipta biasanya berupa iringan Instrumen atau dinyanyikan oleh kelompok paduan suara. Berikut adalah lirik lagu Mengheningkan Cipta ciptaan dari T. Prawit
mengheningkan cipta
Mengheningkan cipta
Lirik Lagu Mengheningkan Cipta

Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga…..
Jasa……

Kau Cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka

Makna mendalam Lagu Mengheningkan Cipta

Setiap kali menghayati lagu mengheningkan cipta, membuat hati ini sungguh merenung, membayangkan betapa para pahlawan kita telah rela berjuang dengan ikhlas demi merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah hanya untuk kita yang hidup di masa sekarang.

Lagu mengheningkan cipta juga sejatinya mengingatkan kita bahwa kematian itu pasti datang dan warisan apa yang kita tinggalkan untuk generasi selanjutnya. Mempertahankan kemerdekaan sejatinya lebih sulit dari pada merebut kemerdekaan.

Kita sebagai generasi penerus yang melanjutkan warisan kemerdekaan yang telah direbut dengan darah air mata, tentunya ketika giliran kematian itu datang menjemput, kita tidak ingin pergi dalam keadaan tidak baik.

Kita memang tidak akan tahu kapan ajal akan menjemput, namun yang pasti kematian itu akan dating. Oleh sebab itu, sudah sepantasnyalah kita siapkan diri dengan baik-baik untuk menyambut kematian itu dengan menjadi manusia yang bertakwa kepada Sang Pencipta.

Jika kita kebetulan diberi amanat oleh negara, gunakanlah amanat tersebut dengan baik dan penuh tanggaung jawab, karena segalanya akan dipertanggung jawabkan kelak. Selalu ingatlah bahwa kemerdekaan yang kita raih itu ditebus oleh banyak nyawa yang telah berjuang dengan gagah berani. Berhati - hatilah karena musuh terbesar dalam mempertahankan kemerdekaan bukanlah penjajah melainkan hawa nafsu kita sendiri.

Namun semua itu balik lagi ke diri kita sendiri tentang bagaimana kita ingin meninggalkan dunia ini, apakah dengan kebaikan atau meninggalkan banyak keburukan karena dikalahkan oleh nafsu kita sendiri. Demikian semoga bermanfaaat.

Terimakasih telah membaca artikel √ Makna mendalam Lirik Lagu mengheningkan cipta. Silahkan boleh di Share | Cayo Indonesia.
Smile Reaction

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dan link url ( mati / hidup ) tidak akan dipublish
3. Cara menambah komentar dengan emoticon tinggal copy kode yang
ada di bawah emoticonya. Terimakasih atas kunjunganya.

EmoticonEmoticon