Daftar Nama Lokomotif Kereta Api yang ada di Indonesia

Kereta api kini menjadi moda transportasi umum yang banyak digemari oleh masyarakat terutama kalangan traveling karena harganya yang terjangkau dan juga karena aspek kenyamananya itu sendiri. Oleh sebab itu, kereta api saat ini merupakan salah satu tulang punggung dari moda transportasi di Indonesia.

Kereta api merupakan bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian gerbong kereta yang ditarik oleh lokomotif di sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut penumpang ataupun barang. Lokomotif yang berperan dalam menarik gerbong kereta ternyata memiliki banyak jenis, nah berikut adalah daftar nama lokomotif kereta yang ada di Indonesia.

Nama jenis Lokomotif Kereta Api yang ada di Indonesia

1. Lokomotif Listrik
Lokomotif Listrik krl
Lokomotif Listrik KRL
Jenis lokomotif listrik tenaganya berasal dari pasokan listrik yang berasal dari kabel transmisi yang ada di atas jalur kereta api. Lokomotif jenis ini mirip dengan jenis lokomotif diesel elektrik, namun lokomotif ini tak bisa menghasilkan listrik sendiri.

Jangkauan kereta berlokomotif listrik hanya terbatas pada jalur kereta yang mempunyai jaringan transmisi listrik sebagai tenaga pemasoknya. Contoh Lokomotif listrik adalah KRL yang jangkauanya hanya seputaran Jabodetabek dengan jaringan transmisi jalur listrik dan tak bisa menjangkau daerah jawa dan sekitarnya. Contoh jenis lokomotif listrik adalah ESS 3000 dan juga ESS 3200 yang banyak terdapat di Jakarta.

2. Lokomotif Diesel Listrik
KRDE Bandara Internasional Minangkabau
Lokomotif KRDE 
Kereta Lokomotif diesel elektrik adalah merupakan jenis lokomotif kereta api yang tenaganya menggunakan sistem mesin diesel ke dalam kereta listrik. Jenis kereta lokomotif diesel listrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan kereta rel diesel elektrik (KRDE) ini menggunakan tenaga diesel sebagai pembangkit listrik yang kemudian menggerakkan lokomotifnya.

Kereta lokomotif KRDE ini buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau PT Inka di Madiun. Beberapa contoh kereta jenis lokomotif disel listrik ini adalah KRDE Bandara Internasional Minangkabau dan KRDE Bandara Internasional Adi Soemarmo, KRDE Prameks, KRDE Baraya Geulis, Rencang Geulis, dan juga KRDE Arek Surokerto.

3. Lokomotif Diesel Hidrolik dan Mekanik
Lokomotif DH CC300 buatan indonesia-
Lokomotif DH CC300 buatan indonesia
Jenis Lokomotif diesel hidrolik adalah lokomotif bertenaga mesin diesel dengan transmisinya adalah minyak hidrolik. Jadi mesin diesel yang ada pada lokomotif hidrolik ini fungsinya akan menggerakkan kipas hidrolik guna mengalirkan minyak hidrolik ke dalam turbin radial yang pada nantinya bertugas untuk menggerakkan roda kereta. Sistem ini menjadi satu kesatuan yang dinamakan Hydraulic Torque Converter.

Contoh jenis lokomotif diesel hidrolik dan mekanik adalah Lokomotif Bima Kunthing dan Lokomotif CC300. Lokomotif DH CC300 adalah karya bangsa indonesia. Kereta jenis ini sangat mudah untuk dikenali karena warna merahnya yang mencolok. Lokomotif DH CC300 adalah hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh PT INKA. 

4. Lokomotif Uap
Lokouap B5112  tahun 1900
Lokouap B 5112  tahun 1900 yang diberi nama Sun
Jenis lokomotif uap (lokouap) adalah kereta api yang tenaganya digerakkan oleh uap air yang dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar, batu bara ataupun minyak bakar. 

Sistem lokomotif uap yang ada di Indonesia kebanyakan buatan Jerman. Lokomotif Uap pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1867. Dulu pada zaman kolonial Belanda, lokomotif uap ada sekitar 1.200 unit. Namun setelah Indonesia merdeka hingga sekarang keberadaan lokomotif  jenis uap semakin sedikit karena rusak dan juga karena sulitnya mendapatkan suku cadangnya.

5. Lokomotif Hybrid
lokomotif hybrid MMT-M-270-BDE milik PT. Freeport
lokomotif hybrid MMT-M-270-BDE milik PT. Freeport
Lokomotif hybrid ini biasanya mempunyai dua sumber energi untuk menggerakanya yaitu engine (mesin) dan juga baterai. Saat daya diambil dari baterai, maka mesin lokomotif bisa dimatikan sehingga bisa lebih hemat bahan bakar dan mengurangi suara bising yang ditimbulkanya. 

Sebaliknya pada saat kebutuhan daya tak bisa dipenuhi oleh baterai, maka bisa langsung mengambil dari dari enginenya. Contoh jenis lokomotif hybrid adalah MMT-M-270-BDE milik PT. Freeport. MMT-M-270-BDE dibuat oleh pabrikan lokomotif asal Jerman, Schalke.

Meskipun ukurannya kecil, lambat, dan juga menggunakan tenaga listrik dan baterai sebagai penggeraknya, namun jangan meremehkan kekuatannya. Mesin lokomotif ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 270 kilowatt dan dapat menarik beban hingga seberat 708 ton dalam sekali angkut.

Saat ini lokomotif MMT-M-270-BDE beroperasi di tambang terbesar milik Freeport di Papua yakni Tambang Grasberg. Karena beroperasi di dalam area tambang mungkin akan sulit bagi kita untuk melihat lokomotif ini beraksi menarik lori berisi bebatuan tambang. Demikian 5 jenis Lokomotif kereta Api yang ada di indonesia. Semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel √ Daftar Nama Lokomotif Kereta Api yang ada di Indonesia. Silahkan boleh di Share | Cayo Indonesia.
Smile Reaction

1. Silahkan berkomentar sesuai topik artikel
2. Komentar SPAM dan link url ( mati / hidup ) tidak akan dipublish
3. Cara menambah komentar dengan emoticon tinggal copy kode yang
ada di bawah emoticonya. Terimakasih atas kunjunganya.

EmoticonEmoticon