Profil Biografi Menteri Pariwisata Indonesia Bapak Arief Yahya

Dari awal membuat blog indonesiacayo.Com ini, Saya sering browsing tentang perkembangan dunia pariwisata indonesia. Penilaian Saya sendiri bahwa dunia pariwisata indonesia memang semakin tahun semakin menunjukan kemajuanya dan hal tersebut tak lepas dari peran dan kerja keras Kementrian Pariwisata indonesia.

Salah satu orang yang saya kagumi di kementrian pariwisata adalah sosok Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata Indonesia. Menurut Saya beliau adalah sosok marketing yang handal dalam mempromosikan Pariwisata Indonesia ke dunia luar. ( Saya menilai dari sudut pandang Marketing karena Saya juga orang Marketing )

Salah satu gagasan yang saya kagumi yaitu gagasanya membangun pariwisata nasional dengan fokus memanfaatkan industri digital dengan merangkul pemain digital besar sekelas Google, Baidu, dan juga Tripadvisor yang hasilnya,mampu membuat pariwisata Indonesia masuk dalam Top 20 Fastest Growing Tourism Industry in The World.

Selain itu Bapak Arief Yahya juga sukses dalam mengenalkan rebranding pariwisata indonesia yaitu Wonderful indonesia dan Pesona Indonesia yang mampu mengalahkan slogan Truly Asia  (Malaysia) dan Amazing Thailand (Thailand). Mau tau lebih lengkap tentang Profil Biografi Menteri Pariwisata Indonesia Bapak Arief Yahya. Berikut adalah Profil Biografi perjalananan karir Bapak Arief  Menteri Pariwisata Indonesia.

Profil Biografi lengkap, perjalanan karir Bapak Arief Yahya

Nama lengkapnya adalah Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 2 Maret 1961 merupakan anak dari H.Said Suhadi dan Hj. Siti Badriya. Ayahnya adalah seorang pedagang dan ibunya adalah ibu rumah tangga yang juga aktif di organisasi keagamaan di lingkunganya.

Arief adalah berasal dari keluarga sederhana, Ia banyak belajar tentang filosofi hidup dari sang Ibunda. Pesan dari Ibundanya terus Ia ingat dan jalankan dari mulai dunia sekolah hingga dunia kerja. Pesan sederhana dari Ibundanya adalah agar Ia selalu tekun dan bersifat sederhana. Pesan tersebut selalu diingat dan terus dijalankan oleh Arief hingga sekarang walupun telah menjadi orang sukses.

Perjalanan karir Bapak Arief Yahya menjadi Menteri Pariwisata
Profil Biografi Menteri Pariwisata Indonesia Bapak Arief Yahya
Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc

Arief berkat ketekunannya pada usia 18 tahun, ia berhasi masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dan berhasil lulus dengan gelar insinyur dari jurusan Teknik Elektro ITB dengan hasil yang sangat memuaskan.

Tahun 1986 Arif mencoba peruntungan di Telkom dan tak sulit bagi Arief untuk bisa masuk di perusahaan besar bidang telekomunikasi milik Pemerintah ini. Ia menjadi karyawan Telkom pada tahun 1986, dalam usia 25 tahun

Bermodal keahlian dan juga ketekunannya, Arief menjadi salah satu karyawan terbaik yang membawanya pada program beasiswa Master Telematika di Surrey University, Inggris.

Setelah itu Karier profesionalnya di Telkom terus berkembang dan berbagai jabatan di Telkom diraihnya. Mulai dari kepala  kantor daerah telekomunikasi (kandatel), kepala Divisi regional (Kadivre), Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Indonesia, hingga menjadi orang nomor satu di Telkom dengan menduduki jabatan Direktur Utama PT Telkom tahun 2012-2017.

Dibawah kepemimpinan Arief Yahya, Telkom berkembang sangat pesat. Berbagai prestasi dan penghargaan banyak diraih oleh Arief bersama Telkom. Ia memberikan warna baru pada Telkom dengan keberhasilanya pada pelayanan dan pemasaran. Arief juga masuk dalam daftar ”25 Business Future Leader”,  Economic Challenge Award 2012 kategori Industri Telekomunikasi, dan sebagai The CEO BUMN Inovatif Terbaik 2012. Dimasa kepemimpinan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono Ia juga menerima Satyalencana Pembangunan  atas keberhasilan dalam Peningkatan Pelayanan Prima di Kalimantan dan Jawa Timur.

Selama 28 tahun berkarier di Telkom dengan tekun dan profesioanal akhirnya mengantarkanya ke posisi yang lebih tinggi lagi. Presiden terpilih 2014  Joko Widodo memintanya menjadi Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja 2014-2019. Ia dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata pada tanggal 27 Oktober 2014 dengan tugas berat dimana Pemerintahan Jokowi-JK menargetkan Pariwisata Indonesia mampu meraih 20 juta wistawan mancanegara (wisman) sampai dengan 2019, karena Presiden menilai bahwa sektor pariwisata adalah merupakan sumber devisa terbesar kedua setelah sektor migas.

Meski Pariwisata bukan bidangnya, namun dengan ketekunanya terbukti Ia mampu mengelola dunia pariwisata Indonesia menjadi lebih baik. Dalam 1 Tahun kinerjanya di dunia Pariwisata, Arief Yahya telah membuat perubahan dan mendapat berbagai prestasi untuk Pariwisata Indonesia, diantaranya yaitu

  1. Peringkat Daya saing pariwisata Indonesia di dunia naik menjadi peringkat 50 dari peringkat 70 pada 2014 (Berdasar Index WEF, 2015).
  2. Branding pariwisata Indonesia Wonderful Indonesia melejit ke urutan 47 dunia dari sebelumnya pada urutan 144 (Berdasar Index WEF, 2015).
  3. E-Tourism, Strategi promosi pariwsata berbasis media digital. Merupakan inovasi pemasaran pariwisata dengan mengoptimalkan kemajuan teknologi informasi.
  4. Sekarang hanya utuh 4. 7 Hari, kurun waktu mengurus ijin masuk yacht ke Indonesia dari awalnya 14 hari.
  5. Crisis Center Pariwisata, Upaya Kemenpar untuk responsif terhadap potensi krisis yang terjadi di sejumlah wilayah untuk meminimalisasi dampak krisis terhadap sektor pariwisata.
  6. Bebas Visa 90 Negara. Upaya Kemenpar menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara, dengan target ada tambahan 1 juta Wisman/ tahun mulai tahun 2016.
  7. Kemudahan. Pencabutan asas cabotage untuk cruise (kapal pesiar) asing.
  8. Jumlah wisatawan mancanegara periode Januari-Agustus 2015 telah mencapai 6,3 juta atau tumbuh 2,71% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.
  9.  Kemenpar telah mendorong secara komprehensif adanya pengembangan 100 Kawasan Ekonomi khusus (KEK) pariwisata hingga 2019
  10. Sabet 3 kategori The Halal Tourism Travel Award 2015. Ketiganya adalah World's Best Family Friendly Hotel (Sofyan Hotel Betawi-Jakarta), World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination, keduanya adalah Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).
  11. Kemenpar terus mengembangkan destinasi baru diantaranya berbasis religi ( misal wisata ziarah) dan wisata maritim (misalnya pembukaan wisata jalur samudra Cheng Ho) dari sumber FP Kementrian Pariwisata.
Baca juga : Kumpulan Quote kata bijak Bapak Arief Yahya yang sangat menginspirasi

Tahun 2016 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menjadi pemenang terbaik Asia Destination Marketing (Organisasi Pariwisata Nasional) yang buat oleh Travel Weekly Asia's 2016 Readers Choice Awards. Nama Travel Weekly Asia ini bukan sembarangan dan sudah sangat dikenal jutaan pembacanya yang meliputi kawasan Asia Pasifik. Saat menobatkan Kementerian Pariwisata sebagai pemenang terbaik Asia Destination Marketing (Organisasi Pariwisata Nasional), Travel Weekly Asia tak ikut melibatkan pembacanya untuk memberi vote penilaian. Jutaan pembacanya yang diikutkan tersebut sering travelling ke berbagai penjuru dunia.

Ditahun 2017 Arief Yahya dinobatkan sebagai “Tokoh Berpengaruh 2017” Oleh Majalah Sindo Weekly edisi 18-31 Desember 2017. Menpar dianggap sukses melambungkan slogan promosi pariwisata Indonesia “Wonderful Indonesia”, sehingga mampu mengalahkan Malaysia dengan "Truly Asia" nya dan Thailand dengan slogan "Amazing Thailan". 

Penghargaan internasional lainya yakni dua penghargaan dari United Nations World Tourism Organization (UNWATO) melalui Video Competition 2017. Indonesia memenangi kategori video pariwisata terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik, selain itu juga Video Wonderful Indonesia juga mendapat penghargaan untuk kategori people choice award.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga meraih penghargaan untuk kategori Destination of the Year 2017 untuk Asia Pasifik yang diberikan oleh tabloid pariwisata internasional TTG.

Tahun 2018 Kementreian Pariwisata kembali menorehkan prestasi emas di ajang TTG Travel Awards 2018. The Best Ministry Of Tourism level Asia Pasifik. Awards bergengsi tersebut berhasil disabet di kandang Thailand, negara yang selama ini dijadikan musuh profesional Wonderful Indonesia.

Prestasi tersebut juga ikut dikomentari guru marketing dunia, Hermawan Kartajaya yang mengatakan bahwa award adalah merupakan prestasi yang membanggakan, sehingga Indonesia bisa bersanding dengan Korea, Jepang, Macau, dan Thailand.

Kinerja Menpar dinilai sangat fantastis. Sangat oke. Peningkatan kinerjanya pun bisa dilihat dimana-mana. Di World Economic Forum (WEF), Wonderful Indonesia melesat 8 level ke peringkat 42 di Travel and Tourism Competitive Index (TTCI).

Popularitas brand Wonderful Indonesia juga melonjak, dari status tidak tercatat menjadi ranking  47 dunia, sehingga mengalahkan Truly Asia  (Malaysia) dan Amazing (Thailand), yang masing-masing berada di posisi 83 dan 97  dunia. Wonderful Indonesia juga menjadi Top-20 Fastest Growing Tourism Industry in the World. 

"Berbagai penghargaan internasional yang diterima Kemenpar merupakan bukti kapasitas Arief Yahya sebagai marketing, sekaligus doctor strategic marketing. Seluruh elemen pariwisata Indonesia diajak fokus untuk menentukan langkah memenangkan pertarungan tingkat dunia," ujar Hermawan.

Ucapan Hermawan tersebut memang tak berlebihan apalagi dia adalah seorang Guru Marketing Dunia. Menurutnya Menpar sukses menempatkan rival atau pesaing sebagai tolak ukur. Apa yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh lawan terus dipantaunya. Setelah itu, membandingkan dengan yang dilakukan Indonesia. Kemudian melakukan tindakan.

Lebih lanjut Ia mengatakan “Ahli strategi perang asal China yang terkenal, Sun Tzu mengatakan, kemenangan itu direncanakan. Pemenang memenangkan peperangan sebelum berperang, sedangkan pecundang baru merencanakan kemenangan ketika masuk dalam peperangan,” tambahnya.

“Saya salut dengan komitmen Presiden Jokowi dan Pak Menpar Arief Yahya. Kalau pemimpin negara seperti ini, saya yakin pariwisata Indonesia akan maju bersama masyarakatnya,” ujar Hermawan Kartajaya guru marketing Dunia, ( dikutip dari suara.com) 

Dalam kurun empat tahun berjalan, sejak tahun 2014- 2018, kiprah Bapak Arief Yahya dalam memimpin sangat patut untuk diacungi jempol. Berbagai terobosan baru dan inovatif telah diterapkan untuk kemajuan pariwisata indonesia dan alhasil puluhan pernghargaan telah diraih dan Kementeri Pariwisata juga Pariwisata Indonesia saat ini dikenal dan mampu bersaing di tingkat Dunia.

Profil Biografi lengkap Bapak Arief Yahya Mentri Pariwisata Indonesia Kabinet kerja 2014 - 2019.

  • Nama lengkap : Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.
  • Lahir : Banyuwangi, 2 Maret 1961
Pendidikan
  • SMA di Banyuwangi 1976
  • Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung  1979
  • Elematics (Software & Telecommunications) di Universitas Surrey, Inggris
  • Program doktoral Universitas Padjadjaran
Karir Profesional
  • Karyawan Telkom Indonesia, 1986
  • Senior Manager Niaga Divisi Regional II,1999 – 2001
  • General Manager Kandatel Jakarta Barat, 2002 – 2003 
  • Kepala Divisi Regional VI Kalimantan, 2003 – 2004
  • Kepala Divisi Regional V Jawa Timur, 2004 – 2005
  • Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Indonesia, 2005
  • Direktur Utama PT Telkom Indonesia, 2012-2014.
  • Menteri Pariwisata, 2014-2019
Demikian Profil Biografi Menteri Pariwisata Indonesia Bapak Arief Yahya, semoga bermanfaat. Silahkan boleh di share.